Pacitan

Faktor Cuaca, Tangkapan Ikan Merosot

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Hasil tangkapan ikan para nelayan di Pacitan tahun ini jauh dari ekspektasi. Jumlahnya merosot jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tanda-tanda penurunan itu bahkan sudah terlihat empat bulan sebelum 2019 berakhir. ‘’Agustus terlihat penurunan signifikan,’’ kata Kepala UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan Pacitan Ninik Setyorini Senin (28/10).

Ninik menyebut, pada Agustus ikan berbagai jenis yang berhasil ditangkap nelayan ada 336 ton. Bulan berikutnya 376 ton dan pertengahan bulan ini 66,39 ton. Padahal, nelayan bisa membawa pulang 441 ton ikan pada Juli (selengkapnya lihat grafis). ‘’Sejak Januari sampai pertengahan Oktober ini total ikan 3.095 ton,’’ sebutnya.

Menurut Ninik, merosotnya jumlah tangkapan ikan karena beberapa faktor. Paling krusial kondisi cuaca. Laut saat ini juga belum musim ikan. Selain itu, banyak kapal sekoci yang bersandar di dermaga. Nelayannya banyak yang pulang kampung ke luar Pulau Jawa. ‘’Diperkirakan cuaca akan mulai membaik Desember nanti,’’ ujarnya.

Karto Suwiryo, nelayan slerek Pelabuhan Tamperan, mengungkapkan bahwa tangkapan ikan merosot tajam. Jika biasanya sekali berlayar bisa membawa pulang tiga ton, kini satu ton tidak ada. Penyebabnya laut tidak bergelombang. Padahal, tanda banyak ikan di laut saat gelombang tidak terlalu besar atau kelewat kecil. ‘’Prediksi banyak ikan setelah datang hujan,’’ katanya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button