AdvertorialMagetan

Eskalator Pasar Besar Magetan Siap Difungsikan

Kikis Stigma Jelek, Becek, dan Kumuh

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pasar tradisional jangan sampai kalah dengan mal. Bupati Magetan Suprawoto mengubah suasana Pasar Baru Magetan (PBM) layaknya pasar modern dengan eskalator atau tangga berjalan. ‘’Arah kami adalah menciptakan suasana nyaman dan bersih di pasar tradisional,’’ kata Kang Woto, sapaan akrab bupati, selesai menguji coba eskalator PBM Rabu (11/11).

Menurut Kang Woto, pemasangan eskalator sebagai cara mengubah mindset pedagang. Keberadaan fasilitas itu harus diikuti kreativitas dalam berjualan. ‘’Kami pakai cara yang mencerdaskan. Perlindungan pasar tradisional tidak harus memberi uang, tapi bisa dengan fasilitas,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Magetan Sucipto mengatakan, masyarakat punya stigma pasar tradisional jelek, becek, dan kumuh. Perubahan bernuansa mal bisa mengikis kesan tersebut. ‘’Semoga masyarakat berkeinginan datang ke pasar tradisional. Bukan hanya orang tua, tapi juga anak muda,’’ harapnya.

Revitalisasi PBM tahun ini memakan dana Rp 4,57 miliar. Sebanyak Rp 1,45 miliar di antaranya untuk eskalator berkategori heavy duty. Kuat dilewati sembilan ribu orang per jam. ‘’Sisa dana Rp 3,1 miliar untuk mempercantik PBM,’’ujarnya. (odi/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button