News

Energi Listrik Disalurkan Ke Konsumen Melalui

×

Energi Listrik Disalurkan Ke Konsumen Melalui

Share this article

Energi Listrik Disalurkan Ke Konsumen Melalui – Resistor, kapasitor, dll. Sudah banyak artikel membahas tentang elektronika namun kita belum pernah membahas pengertian dasar tentang kelistrikan.

Nah kali ini kita akan mempelajari dasar-dasar kelistrikan yaitu pengertian tegangan listrik dan hambatan listrik. Diharapkan dengan memahami kedua hal tersebut akan memudahkan pembelajaran mengenai komponen elektronika lainnya.

Energi Listrik Disalurkan Ke Konsumen Melalui

Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam suatu rangkaian listrik. Satuan tegangan listrik adalah volt dengan huruf V.

Pltgu Riau Beroperasi

Tegangan listrik juga dapat dianggap sebagai gaya yang memungkinkan arus listrik mengalir melalui suatu konduktor. Semakin tinggi tegangannya, semakin besar kemampuannya untuk mengarahkan arus melalui suatu rangkaian tertentu.

Artinya, jika tidak ada tegangan atau beda potensial, maka tidak ada arus yang dapat mengalir pada rangkaian.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama kita harus memahami proses listrik mulai dari pembangkitan hingga distribusi. Di bawah ini adalah gambar alur proses listrik mulai dari pembangkitan hingga ditetapkan di website PLN.

Listrik dihasilkan atau dihasilkan dari generator yang beroperasi berdasarkan proses elektromagnetik. Tegangan tenaga listrik dinaikkan melalui trafo pada gardu induk atau generator tegangan ekstra tinggi. Tegangan listrik di pintu gerbang tersebut berkisar antara 275 kilovolt hingga 800 kilovolt.

Pdf) Analisis Susut Daya Dan Energi Pada Jaringan Distribusi Di Pt. Pln (persero) Rayon Panakkukang

Tenaga listrik juga disalurkan melalui saluran udara tegangan ekstra tinggi atau Suttet untuk distribusi jarak jauh. Saat konsumen didekati, tegangan diturunkan secara bertahap melalui trafo di gardu induk.

Dari gardu induk, listrik disalurkan melalui saluran udara tegangan menengah atau SUTM atau saluran kabel tegangan menengah (SKTM).

Sebelum digunakan, tegangan diturunkan kembali pada pusat distribusi (pelayan) dan energi listrik disalurkan ke konsumen seperti gedung, pabrik dan tempat tinggal.

Baca Juga  Sebutkan Macam-macam Pengembangan Teknik Dan Taktik Bela Serang

Terlihat dari rumus tegangan dan arus berbanding terbalik, yaitu semakin tinggi tegangan maka semakin kecil arus yang dibutuhkan untuk menghasilkan daya yang sama.

Supplier Panel Listrik Schneider: Jenis Dan Spesifikasi Panel

Artinya, untuk menyalurkan daya listrik dalam jumlah besar, misalnya dalam satuan 1 megawatt, diperkirakan 1 megawatt dapat digunakan untuk 2000-3000 rumah tangga dan tegangannya 220 volt, diperlukan arus sebesar 4,5 kilo ampere. .

Untuk mengalirkan arus sebesar 4,5 kilo ampere diperlukan diameter kabel yang sangat besar dan tidak efisien. Jadi solusinya adalah dengan menaikkan tegangan agar arusnya lebih kecil.

Oleh karena itu, dibutuhkan tegangan listrik yang lebih tinggi dalam proses distribusi tenaga listrik agar biaya distribusi menjadi lebih efisien atau lebih murah.

Ya, kalau untuk alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan dan arus, Anda bisa menggunakan multimeter seperti yang telah dibahas sebelumnya di sini: Prinsip Kerja dan Cara Menggunakan Multimeter Analog (Avometer).

Instalasi Tenaga Listrik

Tegangan listrik mempengaruhi perasaan tersengat listrik secara keseluruhan, semakin tinggi tegangan listrik maka semakin berbahaya bagi keselamatan manusia karena semakin tinggi tegangan maka semakin banyak elektron yang melewati tubuh kita.

Banyak orang mengira sengatan listrik disebabkan oleh arus AC. Anggapan tersebut tidak tepat karena baik arus AC maupun DC dapat menyetrum manusia.

Jarang sekali kita mendengar ada orang yang mati tersengat listrik akibat tegangan DC, yang biasanya tegangan DC-nya sangat rendah, yakni kurang dari 50 volt. Selain itu, kita harus menghubungkan kutub positif dan negatif untuk menghantarkan listrik.

Untuk arus AC, kutub negatif atau netral dapat diganti dengan ground atau ground. Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat gambar seperti ini:

Pembangunan Pltgu Jawa 1 Resmi Dimulai Kembangkan Pembangkit Listrik Terpadu Untuk Listrik Handal Dan Terjangkau

Arus mengalir dari kutub positif ke kutub negatif. Kehadiran salah satunya menyebabkan orang tersebut tersengat listrik. Sekarang kita menyebutnya sengatan listrik atau aliran listrik ke seluruh tubuh kita dan bergetar.

Baca Juga  Apa Arti Listrik Brainly

Namun jika kita tidak dihubungkan pada kutub negatif atau kutub netral, maka tidak ada arus listrik yang mengalir karena tidak ada beda potensial, sehingga tidak ada arus listrik yang mengalir.

Misal kita menyimpan listrik AC di dalam rumah, memakai sepatu karet, dan tidak tersambung langsung ke bumi, maka jika arus listrik tidak mengalir ke bumi maka arus listrik tidak mengalir melalui kita.

Salah satu cara untuk mengetahui adanya arus listrik atau tegangan listrik adalah dengan menggunakan alat yang disebut test pen; Disini alat ini menggunakan lampu sebagai indikatornya.

Pdf) Simulasi Penempatan Transformator Pada Jaringan Distribusi Berdasarkan Jatuh Tegangan Menggunakan Etap Power Station 12.6.0

Tubuh manusia dapat dijadikan sebagai penghantar jika dihubungkan pada kutub negatif atau kutub netral sehingga perlu memperhatikan tegangan listrik. Tegangan listrik yang lebih tinggi lebih berbahaya bagi keselamatan manusia karena semakin tinggi tegangan, semakin banyak elektron yang melewati tubuh kita.

Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan arus listrik; Misalnya tembaga, besi, baja, aluminium, seng dll. Barang yang terbuat dari logam seperti

Isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik; Misalnya plastik, kayu, batu dll. objek.

Setiap bahan penghantar atau konduktor mempunyai sifat menahan aliran listrik. Hambatan listrik total pada suatu penghantar dipengaruhi oleh:

Optimalisasi Liquefied Natural Gas (lng) Sebagai Bahan Bakar Rendah Karbon Di Era Transisi Energi

Karena suhu dapat mempengaruhi nilai resistansi, maka digunakan sebagai sensor suhu; Contoh: Sebuah sensor suhu mengubah nilai resistansinya berdasarkan suhu yang diterima sensor.

Rangkaian seri adalah suatu rangkaian yang suatu resistor dihubungkan secara seri dan keluaran dari resistor tersebut merupakan masukan dari resistor yang lain. Sedangkan rangkaian paralel adalah rangkaian yang masukan dan keluarannya sama.

Baca Juga  Puisi 2 Bait

Rangkaian resistor seri bertujuan untuk menaikkan nilai hambatan listrik. Rangkaian seri juga berfungsi sebagai pembagi tegangan. Tegangan pada setiap resistor berbeda-beda, tetapi jika dijumlahkan sama dengan tegangan pada catu daya.

Rumus berikut berlaku untuk rangkaian seri Vtotal = V1 + V2 + V3 Itotal = I1 = I2 = I3 Rtotal = R1 + R2 + R3

Smart Grid In General By Shirvano Consulting

Keunggulannya adalah hanya menggunakan sedikit kabel sehingga menghemat biaya. Contohnya adalah lampu hias pada pohon. Sedangkan kelemahannya adalah jika salah satu lampu tidak berfungsi atau rusak maka bagian lainnya tidak akan berfungsi.

Sedangkan rangkaian resistor yang diparalel berfungsi sebagai pembagi arus, dimana arus pada masing-masing resistor berbeda-beda, namun bila digabungkan sama dengan arus pada catu daya.

Rumus berikut berlaku untuk rangkaian paralel V jumlah = V1 = V2 = V3 I jumlah = I1 + I2 + I3 1/R jumlah = (1/R1) + (1/R2) + (1/R3)

Oh iya, sebelumnya kita sudah memberikan contoh pengaruh penyambungan beberapa baterai secara seri dan paralel terhadap tegangan dan arus. Jika berkenan, Anda bisa membaca artikel kami di bawah ini: Mengenal Jenis-Jenis Baterai yang Sering Ditemukan di Pasaran.

Yuk Berhemat Listrik!

Harga jual pulsa listrik ke konsumen, energi listrik dari pusat pembangkit yang disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem, sirkulasi air pendingin yang menuju ke radiator disalurkan melalui, energi matahari dihasilkan melalui, energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik melalui alat, proses penyaluran energi listrik dari pusat pembangkit sampai ke konsumen, hemat energi dapat disampaikan melalui