Advertorial

Enam Prodi Siap Naik Status

Tahun Ini PNM Upgrading D-3 ke D-4

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun– Enam program studi (prodi) Diploma 3 (D-3) Politeknik Negeri Madiun (PNM) bakal naik status menjadi Sarjana Terapan (D-4). Hal ini sesuai dengan kebijakan yang tengah digaungkan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam program upgrading ini juga diperlukan keterlibatan dunia usaha dan dunia industri (Dudi). ‘’Kami berharap seluruh perguruan tinggi vokasi menyambut baik kebijakan ini, karena ini merupakan terobosan baru yang mendapat dukungan penuh dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT),’’ kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto.

Wikan tidak menampik jika proses upgrade tidak mudah dan harus memenuhi beberapa prosedur. Syarat pertama yang perlu ditekankan adanya keterlibatan Dudi. Pihak PT juga harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta kurikulum yang kolaboratif dengan Dudi. Pun memiliki program D-3 terakreditasi minimal peringkat B atau baik sekali. Juga harus ada regulasi akademik yang mendukung. Dengan meng-upgrade D-3 menjadi sarjana terapan tentu akan mencetak lulusan yang siap kerja dan kuat karena sudah linked dengan industri. ‘’Saya rasa PNM sudah sangat siap menyambut kebijakan upgrading D-3 ke sarjana terapan ini,’’ ujarnya.

Gayung bersambut, Direktur PNM M. Fajar Subkhan menyambut baik kebijakan tersebut. Bahkan sudah jauh-jauh hari PNM mempersiapkan seluruh prosedur untuk menjalankan upgrading D-3 menjadi sarjana terapan. Saat ini sudah ada enam prodi yang telah disiapkan untuk naik status ke sarjana terapan (selengkapnya lihat grafis).  ‘’Total prodi kami ada sembilan, dari jumlah tersebut satu prodi sudah sarjana terapan. Yakni, D-4 Perkeretaapian. Sedangkan enam lain dipersiapkan untuk proses naik status,’’ terangnya.

Pihaknya pun mengaku telah melakukan beragam persiapan. Seperti membentuk tim dan mengomunikasikan dengan orang tua mahasiswa. Karena program ini harus mendapat persetujuan dari orang tua mahasiswa. ‘’Untuk Dudi, kami sudah bekerja sama dengan beberapa industri, misalnya PT Inka. Dalam waktu dekat kami siap meng-upgrade dua prodi dari enam prodi yang sudah disiapkan. Sisanya tahun depan sembari menjalankan prosedur dan survei,’’ jelasnya.

Fajar berharap upgrading D-3 ke sarjana terapan akan membuat PNM semakin diminati masyarakat. Pun lulusan PNM lebih dihargai di dunia industri serta terserap di dunia kerja. ‘’Kepercayaan masyarakat kepada PNM  cukup besar. Ini terlihat dari tingginya animo peserta saat pendaftaran ujian masuk. Begitu juga terserapnya lulusan PNM di dunia kerja,’’ pungkasnya. (afi/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button