Pacitan

Enam Paket Jalan Telan Rp 20 M

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penanganan dampak pandemi Covid-19 ternyata membutuhkan anggaran cukup besar. Dampaknya, beberapa proyek yang sempat masuk dalam skala prioritas terpaksa dibatalkan. Termasuk di antaranya rehabilitasi jalan rusak.

Kabid Bina Marga DPUPR Pacitan Muhammad Muslih mengatakan, beberapa proyek perbaikan jalan yang dibatalkan itu sebelumnya masuk dalam dana alokasi khusus (DAK). Nilai totalnya mencapai Rp 100 miliar. Namun, setelah di-refocusing tinggal Rp 20 miliar. ‘’Tapi, namanya sudah beda menjadi cadangan DAK. Pada Juli lalu turun. Bulan lalu baru kami mulai proses lelangnya,’’ katanya Selasa (14/9).

Muslih mengungkapkan, anggaran tersebut termasuk dana penugasan yang diberikan oleh Kementerian PUPR. Sehingga, penggunaannya berdasarkan hasil verifikasi yang telah dilakukan Kementerian PUPR berupa enam paket kegiatan. Meliputi pemeliharaan jalan Ngadirojo-Wonokarto, Gemaharjo-Watu Patok, Tegalombo-Bandar, Nawangan-Ngunut, Punung-Gondosari, dan Arjosari-Gondosari.

Saat ini, sebagian sudah mulai tahap konstruksi. Seperti di Nawangan, Gemaharjo, dan Tegalombo. Sedangkan, di wilayah lain masih dalam proses pengukuran. ‘’Pada awalnya kami mengusulkan untuk pemeliharaan banyak ruas jalan di 12 kecamatan. Tapi, karena keterbatasan APBN untuk penanganan korona, maka dana yang diberikan oleh pemerintah pusat kami coba maksimalkan,’’ terang Muslih.

Dia berharap seluruh paket pemeliharaan jalan itu bisa selesai sebelum akhir tahun. Sehingga dapat meningkatkan persentase kondisi jalan baik di Pacitan. Saat ini, baru sekitar 63 persen dari jalan kabupaten sepanjang 798 km yang sudah dalam keadaan baik. ‘’Kalau alokasi dana dari perubahan anggaran keuangan (PAK) 2020 kami belum tahu kapan turun. Karena memang sebagian untuk (penanganan) korona. Tapi, kalau memang bisa turun (anggaran cair, Red), pelaksanaan kegiatannya bakal kami kebut. Karena waktu efektifnya tinggal dua bulan,’’ bebernya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button