Ngawi

Enam Kecamatan Rawan Banjir

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Warga Ngawi diingatkan agar mewaspadai potensi bencana banjir dan longsor. Pasalnya, puncak musim penghujan diprediksi jatuh pada bulan ini. Apalagi, sepanjang Januari lalu di Bumi Orek-Orek telah terjadi sedikitnya dua kali kejadian tanah longsor. Yakni, di kawasan Sine dan Jogorogo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi Teguh Puryadi mengungkapkan, ada enam kecamatan yang rawan banjir. Yakni, Kwadungan, Pangkur, Padas, Geneng, Karangjati, dan Ngawi. ‘’Sedangkan longsor sering terjadi di Kendal, Jogorogo, Sine, dan Ngrambe,’’ ujarnya Senin (1/2).

Menurut dia, sejumlah wilayah Ngawi memiliki potensi banjir cukup tinggi karena dilintasi dua aliran sungai besar yakni Bengawan Solo dan Sungai Madiun. ‘’Bahkan, di Karangjati beberapa kali terjadi banjir bandang,’’ tutur Teguh.

Dia menyebut, sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir maupun longsor, BPBD menggandeng sekitar 300 relawan. Mereka disebar di berbagai titik rawan bencana. ‘’Kami juga menyiagakan tim SAR,’’ imbuhnya sembari menyebut hampir seluruh wilayah Ngawi rawan angin kencang karena berada di antara Gunung Lawu dan Wilis. (mg6/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button