Pacitan

Empat Tugu Perbatasan di Pacitan Bakal Dipoles

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Orang masuk Pacitan harus mendapat pemandangan berkesan. Empat tugu perbatasan bakal dipermak tahun depan. Meliputi perbatasan Trenggalek-Pacitan, Nawangan–Wonogiri, serta dua tugu di Donorojo dan Tegalombo.

Khusus di Tegalombo, tugu selamat datang SBY bakal disentuh perbaikan. Ditambahi taman bunga dan rest area. Agar pengendara sekeluarnya dari Ponorogo bisa beristirahat barang sejenak. Konsep serupa diterapkan di tugu batas Donorojo–Solo. ‘’Di Donorojo itu tugunya terlalu menjorok ke dalam. Nanti lahannya kita bebaskan untuk dibangun rest area,’’ kata Kepala DPUPR Pacitan Edy Yunan Ahmadi, Senin (31/5).

Pembangunan tugu perbatasan sempat terabaikan beberapa tahun belakangan. Perbatasan Trenggalek, misalnya, hanya terdapat gapura masuk ’’hadiah’’ dari Bank Jatim. Corporate social responsibility serupa juga di perbatasan Donorojo-Solo. ‘’Tugu di Donorojo yang milik kita itu bentuknya candi,’’ ungkapnya.

DPUPR belum memerinci pasti besaran alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk merombak wajah empat tugu perbatasan. Wacana ini terus dimatangkan dengan kajian studi. Guna menakar kebutuhan anggaran dan lahan yang perlu dibebaskan. ‘’Semoga habisnya tidak banyak, tapi hasilnya memuaskan,’’ tuturnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button