features

Empat Srikandi Penakluk Kedalaman Luweng Musuk

Cantik, energik, cinta tanah air. Tiga kata itu patut untuk menggambarkan empat ’’spiderman’’ yang berani bergelantungan mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di gua vertikal kemarin. Keempatnya adalah Kirana Raditya, Salwaa Ainayya, Kartika Tri Agustin, dan Nabila Nur Chairiza.

SUGENG DWI N, Jawa Pos Radar Pacitan

RAPPELING atau teknik turun tebing tidak lebih mudah saat memanjat. Butuh kecermatan dan fokus tingkat tinggi. Agar temali yang dijulurkan benar-benar efektif mengikat beban dan pendaki yang bergelantungan berhasil menyelesaikan misi. Tidak mudah bagi pendaki menjalankan teknik ini. Terjalnya medan menjadi tantangan yang harus diselesaikan.

Tak heran kiranya, Kirana Raditya –satu di antara empat srikandi– deg-degan. Meski telah berulang kali atraksi dengan teknik ini, tugas yang diemban kali ini tidaklah sembarangan. Rasa percaya diri ditebalkan untuk menepis keraguan. Bagaimanapun tugas mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di hari kemerdekaan menjadi kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. ‘’Sulit bawa benderanya daripada harus rappelling,’’ ujar Kirana.

Setiap gerakan harus disinkronkan dengan tepat. Sebab, bendera raksasa yang dibawa begitu berat. Pun, bambu yang dibawa saat menyusuri kedalaman gua vertikal tidaklah ringan. Posisi pengibaran bendera bisa miring jika beratnya tidak seimbang. Prosesi membuka lipatan hingga membentangkan bendera juga harus menyesuaikan tempo irama lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan mengiringi upacara pengibaran. ‘’Paling susah menyesuaikan ritmenya,’’ ujar mahasiswi Fakultas Kehutanan UGM Jogjakarta itu.

Namun, Kirana dan ketiga rekannya bukan pendaki amatiran. Selain cakap menguasai medan, keempatnya telah terbangun chemistry yang baik. Sehingga dapat mengomunikasikan dan menyelaraskan setiap gerakan saat berada di atas ketinggian. ‘’Bangga sekali diamanahi mengibarkan bendera raksasa ini,’’ tuturnya. * (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button