AdvertorialNgawi

Empat Kepala OPD Absen, Rapat Pansus Batal Digelar

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Agenda rapat panitia khusus (pansus) III DPRD Ngawi batal digelar Kamis (12/3). Pasalnya, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang diundang tidak datang. Padahal, seluruh anggota pansus saat itu sudah siap untuk membahas tentang retribusi jasa umum.

Ketua Pansus III DPRD Ngawi Siswanto mengungkapkan, ada tujuh kepala OPD yang diundang menghadiri rapat tersebut. Namun, hanya tiga kepala OPD yang datang. Sisanya diwakilkan ke pejabat lain di dinas tersebut. ‘’Ini sangat kami sayangkan. Karena agenda yang akan dibahas sangat penting,’’ keluh Siswanto yang juga menjabat ketua komisi II DPRD tersebut.

Sesuai rencana, rapat pansus sedianya menindaklanjuti usulan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang retribusi jasa umum. Raperda tersebut merupakan usulan eksekutif. Meliputi diskominfo, DLH, dinas PPTK, DPUPR, dishub, disperkim, dan satpol PP.

Untuk DLH menyangkut soal retribusi pelayanan persampahan dan kebersihan. Juga retribusi pelayanan pemakaman dan pengabuan mayat serta pengolahan limbah cair usulan disperkim. Kemudian, retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum dan pengujian kendaraan bermotor dari dishub. Serta retribusi pelayanan pasar dan pelayanan tera ulang dari dinas PPTK.

Di samping itu, ada retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran dari satpol PP dan retribusi pengendalian menara telekomunikasi dari diskominfo. Seluruh peraturan tersebut bakal menjadi pedoman teknis OPD terkait. Karena itu, penting pejabat pimpinan tinggi pratama di OPD tersebut hadir. ‘’Supaya ke depan tidak menjadi masalah. Dan, hal ini merupakan bentuk pertanggungjawaban terhadap masyarakat,’’ tutur Siswanto.

Dia menegaskan agar seluruh OPD serius dalam menindaklanjuti dan membahas raperda retribusi jasa umum itu. Sebab, jika raperda itu tidak selesai dibahas, pihaknya yang berpotensi dipandang negatif masyarakat. ‘’Padahal sebenarnya kami sudah berusaha maksimal,’’ ungkap mantan Sekda Ngawi tersebut. (tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button