Madiun

Empat Kasus Positif Covid-19 di Bandungan, Saradan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Tiga dari enam orang reaktif hasil tes cepat di Desa Bandungan, Saradan, Kabupaten Madiun, terkonfirmasi sebagai pasien positif Covid-19. Itu berdasar tes swab yang hasilnya keluar Sabtu lalu (6/6). Dengan demikian, positif korona di desa itu ada empat kasus atau 33 kasus kumulatif se-Kabupaten Madiun.

Kepala Desa Bandungan Hudi Utomo mengungkapkan, tiga pasien baru itu merupakan warganya. Dua perempuan berusia 54 dan 26 tahun yang merupakan ibu dan anak. Keseharian keduanya berjualan sayur di Pasar Bandungan. Satunya pria 22 tahun yang menjelang Lebaran lalu pulang dari Surabaya. Di tanah rantau bekerja sebagai sekuriti di Tunjungan Plaza. ‘’Protokol kesehatan ditingkatkan. Sesuai arahan bupati dan camat, pasar ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,’’ terangnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan, kasus positif mayoritas berasal dari luar daerah. Karenanya, warga yang beraktivitas di luar daerah atau pulang kampung diminta lebih disiplin menerapkan protokol Covid-19. ‘’Tetap waspada dan maksimalkan isolasi,’’ ujarnya.

Kaji Mbing, sapaan akrab bupati, berharap tidak ada lagi penambahan kasus positif. Meski hal itu bergantung kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan. Upaya pihaknya membendung penularan korona sudah semaksimal mungkin. Salah satunya pelacakan di wilayah potensi tinggi penyebaran. Di antaranya lingkungan tempat tinggal pasien positif, pabrik, dan pasar rakyat. ‘’Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, harus dimaknai sebagai kebutuhan menyongsong era baru,’’ tegasnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close