AdvertorialMadiun

Empat Fraksi Sampaikan PU LPj Wali Kota

MADIUN – Raperda tentang laporan pertanggungjawaban (LPj) wali kota atas pelaksanaan APBD 2018 memasuki agenda krusial. Kamis (20/6), empat dari lima fraksi di DPRD Kota Madiun membacakan pandangan umum (PU) mereka atas pelaksanaan APBD 2018. ‘’Kecuali dari fraksi PDIP merasa sudah cukup sehingga tidak perlu menyampaikan pertanyaan. Karena pada saat rapat dengar pendapat (RDP), pertanyaan mereka sudah dijawab secara jelas oleh eksekutif,’’ terang Ketua DPRD Kota Madiun, Istono.

Dia menambahkan mayoritas empat fraksi lainnya tetap mengajukan beberapa hal pertanyaan yang perlu dijawab oleh wali kota Jumat  (21/6). Rata-rata berkaitan dengan bentuk komitmen kepala daerah terpilih atas program kegiatan ke depan. ‘’Jadi, sesuai dengan visi-misi dan melihat kekuatan anggaran yang ada, itu program-programnya apa,’’ kata Istono.

Selain itu, lanjut dia, sejumlah fraksi juga mempertanyakan terkait bagaimana penyelesaian masalah mengenai besarnya silpa tahun berjalan sebesar Rp 279,2 miliar. Dia meminta tingginya silpa itu dijadikan pengalaman berharga bagi jajaran pemkot. Dengan demikian, ke depan, perencanaan dan penggunaan APBD lebih akurat lagi. ‘’Yang jelas, ini harus dicarikan solusinya,’’ ujarnya.

Istono menambahkan pertanyaan lainnya adalah komitmen pemkot dalam menindaklanjuti hasil temuan BPK. Karena sampai dengan saat ini eksekutif dinilai belum menjalankan rekomendasi dari lembaga auditor indpenden tersebut. ‘’Ini juga menjadi pekerjaan rumah (PR) kepala daerah terpilih. Ya, tentu bersama kami sebagai mitra untuk selalu mengingatkan apa-apa yang menjadi tanggungjawab antara eksekutif dan legislatif,’’ jelasnya.

Adapun pertanyaan lain yang diajukan fraksi dalam PU mereka adalah mengenai penyimpanan uang di Bank Jatim dalam bentuk deposito. ‘’Intinya kami menangkap dari PU fraksi-fraksi itu apa action dalam waktu dekat yang bisa dilakukan oleh wali kota baru atas kondisi keuangan daerah saat ini,’’ ujar Istono. (her/adv/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close