News

Ekstemporan Yaiku

×

Ekstemporan Yaiku

Share this article

Ekstemporan Yaiku – Pernahkah Anda mendengar khotbahnya? Atau mungkin memberikan pidato? Kali ini pada karangan bahasa indonesia kelas 9 berikut ini kita akan mempelajari mata kuliah pidato meliputi makna, tujuan, ciri-ciri, struktur dan cara pengungkapannya.

Pasti Anda pernah mendengar orang berpidato dengan menggunakan kalimat terbuka seperti di atas bukan? Misalnya, seorang kepala sekolah menyampaikan pidato pada upacara pengibaran bendera, atau Presiden Joko Widodo Republik Indonesia menyampaikan pidato pada acara penting. Nah, tahukah Anda apa maksud dari pepatah tersebut?

Ekstemporan Yaiku

Menurut pengertian KBBI, pidato adalah penyampaian gagasan kepada orang banyak, atau pidato yang dipersiapkan untuk disampaikan di hadapan khalayak. Secara umum pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan dengan tujuan untuk menyatakan pendapat atau menguraikan sesuatu.

Tolong The Last Time Jawab Dengan Benar!!​

Oleh karena itu, teks percakapan adalah teks yang memuat gagasan, pendapat, dan pengetahuan tentang suatu hal kemudian menyajikannya secara umum. Kursus percakapan memiliki beberapa fitur berikut:

Teks dialog memiliki beberapa tujuan, yaitu bersifat informatif, argumentatif, menghibur, dan persuasif. Apa arti dari istilah-istilah ini? Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Hiburan yang dimaksud disini adalah teks pidato yang membuat orang lain senang karena bersifat hiburan.

Kata-kata suatu tuturan dimaksudkan untuk mempengaruhi orang lain agar menuruti keinginan penutur atau pembicara.

Etika Dan Cara Berpidhato

Pidato kenegaraan adalah pidato yang disampaikan atau disampaikan oleh seorang kepala negara. Misalnya: pidato Presiden RI di hadapan DPR/MPR atau pidato resmi Kepala Negara.

Pidato wisuda adalah pidato yang biasanya disampaikan oleh seorang profesor universitas pada saat penunjukan resmi.

Apakah Anda mempunyai kesempatan untuk berbicara? Bagi sebagian orang, kesempatan untuk berbicara di depan orang banyak mungkin terasa menakutkan.

Baca Juga  Sebutkan 3 Tujuan Penjelajahan Samudra Selain Rempah Rempah

Apa kamu yakin? Namun suatu saat, di sekolah atau di tempat kerja, terkadang Anda akan diminta untuk berpidato di depan teman-teman Anda, baik formal maupun informal.

Jenis Jenis Pidato Dan Penjelasan [lengkap]

Jangan khawatir, salah satu langkah yang bisa Anda lakukan sebelum menyampaikan pidato Anda adalah dengan menulis teks pidato Anda. Bagaimana Anda menyusun teks percakapan? Agar teks lisanmu jelas dan mudah dipahami oleh audiens, yuk pahami dulu struktur teks lisan di bawah ini!

Pidato pembukanya harus punya karakter yang kuat ya. Nah, berikut lima elemen agar pidato wisuda Anda berkesan, antara lain:

Isi percakapan sebaiknya memuat informasi penting yang ingin Anda sampaikan. Pidato Anda harus disertai dengan alasan persuasif untuk mendukung sudut pandang Anda. Susunlah secara logis, gunakan sumber yang dapat dipercaya, contoh-contoh yang logis, dan kenali audiens/pendengar Anda.

Bagian penutup berisi kesimpulan atas apa yang disampaikan, permohonan maaf atas segala kesalahan isi yang disampaikan, dan salam penutup.

Materi Teks Pidato: Pengertian Hingga Contohnya

Nah, setelah Anda memahami struktur teks percakapan, mari kita lihat lebih dekat contoh teks percakapan di bawah ini yang dikelompokkan menurut strukturnya.

Bapak dan Ibu yang terhormat, Nanan Noorhanani Spd., Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bandung Hadirin yang saya hormati, saya ucapkan terima kasih kepada para guru dan staf SMA Negeri 1 Bandung yang saya hormati serta kawan-kawan tercinta.

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Suhanahu wa Ta’ala atas rahmat dan karunia-Nya yang telah memampukan kami hadir dan berkumpul disini. Tak lupa doa dan salam sejahtera kami sampaikan kepada Nabi besar Muhammad sallallahu alaihi wa sallam dan para sahabat.

Baca Juga  Pandangan Mata Saat Berjalan Ke Samping Ke Arah

Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk berbicara tentang manfaat teknologi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di era modern ini, banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang diciptakan untuk memudahkan gaya hidup kita.

Latihan Soal Ukk Jawa Xi 2016 2017

Dengan teknologi canggih, kita dapat mengurangi waktu dan bekerja lebih cepat. Namun, masih ada masyarakat yang menerima kemunculan teknologi tersebut dan menyikapinya secara negatif karena berbagai alasan, seperti secara tidak langsung menghapus budaya sehari-hari yang ada.

Hadirin sekalian, kenyataannya kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan teknologi. Misalnya, kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara melalui telepon, ponsel, atau Internet meskipun lokasi kita berjauhan. Kita bisa dengan mudah menyelesaikan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian di mesin cuci dan memasak di rice cooker. Melalui Internet, kita bisa belajar apa saja dari mana saja.

Teknologi hanya akan berguna jika orang-orang menggunakannya. Saya berharap kita dapat menggunakan teknologi ini sesuai tujuan penciptaannya. Dengan cara ini tidak akan ada penyalahgunaan yang dapat merugikan kita atau orang lain.

Demikian pidato ini saya sampaikan dengan harapan dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan kata. Wabillahi Tawfiq wal Hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ph B. Jawa Sesorah

Gimana sob, apakah kalian sudah paham, bisakah kalian menulis naskah dialognya? Jika iya, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara menyampaikan pidato atau gaya presentasi. Nah, apa lagi? Inilah penjelasannya!

Berbeda dengan metode skrip, metode improvisasi merupakan metode penyampaian pidato dengan membuat catatan singkat dan menguraikan gagasan pidato.

Oke, sekian pembahasan kita tentang teks dialog. Sekarang Anda sudah tahu apa itu teks percakapan, ciri-cirinya, strukturnya, metodenya, dan contohnya. Pidato yang baik dapat meninggalkan kesan yang baik bagi banyak orang yang mendengarkan pidato tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan pidato Anda agar topik yang dibahas sesuai dengan tema. Setelah ini semoga bisa menulis kalimat percakapan yang baik. Datang dan tingkatkan terus pemahaman Anda tentang pelajaran percakapan kelas.

Baca Juga  Gerakan Bertumpu Terdiri Atas Titik-titik Rangkaian Gerak

Trianto, Agus, Hasiati, Titik, & Kosasih, E. 2018. SMP/MT Bahasa Indonesia Tingkat IX (Edisi Revisi). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ing Ngisor Ikj Jeneng Liyane Pidhato, Yaiku…a. Tanggap Budayab. Tanggap Wacanac. Tanggap Warsad.

Penulis Konten dan Pelaku Konten Saya harap artikel saya memuaskan Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! 😀

Beskap yaiku, sanepa yaiku, ekstemporan, geguritan yaiku, pengertian ekstemporan, kebaya yaiku, atela yaiku, wangsalan yaiku, sage yaiku, wewaler yaiku, yaiku, pidato ekstemporan

News

Apa Itu Boti – Danang Wisnu mendapat sambutan…