AdvertorialMadiun

Eksekutif-Legislatif Sepakati Ranwal RPJMD

MADIUN – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Madiun 2019–2024 segera terjabarkan. Setelah Senin (1/7) rancangan awal (ranwal) dokumen penting itu disepakati oleh eksekutif dan DPRD dalam sebuah rapat paripurna.

Ketua DPRD Kota Madiun Istono mengatakan, tim pansus RPJMD telah selesai melakukan pembahasan dengan eksekutif. Dari situ terdapat beberapa catatan yang harus dijadikan pertimbangan oleh eksekutif.

Bamus DPRD Kota Madiun menjadwalkan, pada minggu ketiga bulan ini wali kota harus segera menyampaikan dokumen RPJMD itu ke gubernur. Sesuai ketentuan, wali kota hanya memiliki waktu enam bulan pasca dilantik untuk menetapkan dokumen penting tersebut. Dengan demikian, sebelum Oktober 2019 harus sudah diputuskan.

Istono menyampaikan, RPJMD hanya membahas program sesuai visi dan misi wali kota. Sementara program secara detail dibahas setiap tahun melalui kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUA-PPAS). ‘’Harus disinkronkan antara program yang diusulkan eksekutif dengan kebutuhan riil masyarakat Kota Madiun,’’ katanya.

Yang jelas, lanjut Istono, secara garis besar membahas mengenai program apa yang ingin dicapai selama lima tahun ke depan. Setelah itu akan di-breakdown menjadi RKPD. ‘’Nantinya hasil yang ada akan dikomunikasikan kepada gubernur untuk dijadikan rancangan akhir,’’ terang Istono. (her/c1/ota/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button