Ponorogo

Eks Perpusda Ponorogo Siap Tampung OTG dan PDP 

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Eks Perpustakaan Daerah (Perpusda) Ponorogo disulap jadi selter pasien korona. Langkah itu diambil pemkab setempat sebagai antisipasi meningkatnya jumlah penderita Covid-19. Prioritasnya orang tanpa gejala (OTG) dan pasien dalam pengawasan (PDP). ‘’Kapasitas siap untuk 15 orang. Akan terus ditambah,’’ kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Ponorogo Agus Pramono Kamis (14/5).

Menurut Agus, perlu antisipasi jika kapasitas tempat tidur di rumah sakit yang ditunjuk tidak mencukupi. Sesuai petunjuk pemerintah pusat, perawatan pasien korona tidak selalu harus di rumah sakit. Bagi yang berstatus PDP atau OTG dapat dirawat di luar rumah sakit. ‘’Tapi tentunya dengan perawatan dan pengawasan ketat dari dinas kesehatan (dinkes) dan dinas terkait,’’ ujarnya.

Saat ini, lanjut sekretaris daerah Ponorogo itu, pasien terkonfirmasi positif dirawat di RSUD dr Harjono. Beberapa rumah sakit swasta juga merawat yang berstatus PDP. Skenario terburuk, jika seluruh tempat tidur di rumah sakit tak mencukupi, pasien dipindah ke selter eks perpusda. ‘’Saat ini sudah siap. Jadi, jika ada lonjakan PDP dan OTG yang sudah lama dirawat tapi masih saja reaktif, bisa dipindah ke sana (eks perpusda, Red),’’ jelasnya.

Rencananya, pemkab akan menambah kapasitas tempat tidur di selter eks perpusda. Agus sudah meminta dinas tenaga kerja (disnaker) menyiapkan lagi 20 tempat tidur. Lengkap alat-alat yang dibutuhkan. ‘’Termasuk sekat per tempat tidur, supaya memenuhi standar,’’ tuturnya.

Agus memperkirakan kapasitas aman selter 50 tempat tidur. Ke depan, secara bertahap ditambah jika sudah mulai terisi. Selain eks perpusda, satgas juga menimbang opsi menggunakan beberapa sekolah di kecamatan kota. Antara lain, MAN 1 dan MAN 2 Ponorogo. ‘’Kami analisis, dari sekolah yang disiapkan dinas pendidikan atau Kementerian Agama, kemungkinan yang akan kami pakai yang di wilayah kota. Supaya mobilitasnya mudah,’’ beber Agus. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close