Pacitan

Eks Ketum Demokrat Kepincut Potensi Wisata Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Keindahan Kota 1.001 Gua menarik perhatian Subur Budi Santoso. Pun, eks ketua umum (ketum) Partai Demokrat itu berencana membenamkan investasi di Pacitan untuk memoles tiga lokasi wisata setempat. ‘’Pantai Klayar, Watukarung, dan Srau,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Andi Faliandra Selasa (24/9).

Andi belum bisa menyebutkan nominal investasi yang akan ditanam Subur di Pacitan. Alasannya, saat ini masih tahap pematangan konsep dan desain. Diperkirakan hal tersebut baru terungkap beberapa pekan ke depan. ‘’Nanti akan dipaparkan desain dan teknis pengembangan wisatanya,’’ ujar Andi.

Andi mengungkapkan, ketiga lokasi wisata itu bakal dikembangkan dengan teknis berbeda. Pantai Klayar akan dilengkapi beberapa wahana bermain, kebun binatang mini, dan spot selfie modern. Sedangkan Watukarung lebih menonjolkan nuansa sejarah dan budayanya. Misalnya, perjalanan perang Panglima Sudirman dan Tari Kethek Ogleng. Sementara, Pantai Srau tidak banyak dilakukan perombakan. ‘’Akan dikembangkan dengan konsep ekowisata. Jadi, memanfaatkan kekayaan alam yang ada saja,’’ tuturnya.

Selain tiga lokasi wisata tersebut, Gua Gong sempat menjadi pertimbangan. Hanya, investor yang pernah terlibat dalam pengembangan kawasan Stadion Jakabaring Palembang itu masih meraba konsep yang akan digunakan. ‘’Masih dipikirkan apa yang cocok untuk Gua Gong,’’ bebernya.

Andi menambahkan, Senin malam (23/9) tim Subur Budi Santoso menggelar pemaparan dengan Bupati Indartato. Di antaranya, dari bidang perencanaan pengembangan usaha, survei, dan promosi. ‘’Sekitar 10 orang. Ada juga yang dari Pacitan,’’ sebutnya.

Pada pertemuan itu pula pihak pemkab membeberkan sejumlah data wisata di Pacitan. Mulai tingkat kunjungan wisatawan, asal pengunjung, hingga hari-hari dengan jumlah pelancong tinggi. Mereka pun makin kepincut dengan adanya infrastruktur pendukung yang memadai, khususnya akses jalan. ‘’Targetnya, 2020 sudah mulai ada hasil,’’ pungkas Andi. (odi/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close