Madiun

Earphone Bisa Picu Gangguan Telinga

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kerap menggunakan alat bantu dengar seperti earphone atau headphone? Kalangan medis mengingatkan kebiasaan itu dapat memicu gangguan pada telinga. Mulai nyeri, berdengung, hingga infeksi. ‘’Terparah bisa menyebabkan tuli,’’ ungkap dr Eva Khristi Purbandini SpTHT-KL, salah seorang praktisi medis, Minggu (3/10).

Eva juga mengingatkan penggunaan earphone maupun headphone yang kelewat dekat dengan gendang telinga dapat memicu gangguan pada sel-sel rambut koklea yang berfungsi meneruskan gelombang suara ke saraf. ‘’Apalagi jika volumenya terlalu tinggi, gendang telinga bisa rusak. Jadi, disarankan jangan memutar keras-keras. Maksimal 85 desibel,’’ imbaunya.

Penggunaan headphone maupun earphone, lanjut Eva, sebaiknya tidak secara bergantian dengan orang lain. Itu untuk menghindari bakteri yang bisa menempel pada peranti tersebut. ‘’Kalau ada bakterinya bisa mengakibatkan infeksi,’’ sebut Eva.

Bagaimana dengan headset Bluetooth? Eva menyebut ada dampak negatifnya. Yakni, gelombang radiasi yang dihasilkan dapat merusak organ dalam telinga. ‘’Pemakaiannya juga jangan terlalu lama. Maksimal tiga jam dalam sehari. Dan, jangan memakai earphone saat tidur,’’ tuturnya. (tr1/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button