features

Dunia Aquascape Membuat Nurul Qomar Bertambah Penghasilan

Hobi memelihara ikan jadi mata pencarian baru bagi guru satu ini. Keinginan mempercantik akuarium membawanya berkenalan dengan aquascape. Seni membuat ekosistem air dalam akuarium itu kian digandrungi di Pacitan.

SUGENG DWI N, Jawa Pos Radar Pacitan

GEMERICIK air terdengar nyaring saat memasuki rumah Nurul Qomar. Beragam akuarium aneka ukuran berjejer rapi di sudut ruangan. Di air yang jernih dalam akuarium itu, beragam ikan aneka warna cerah berpadu manis dengan hijau tetumbuhan asli. ‘’Ini namanya aquascape,’’ kata Qomar sembari menunjuk salah satu akuariumnya.

Setahun sudah Qomar menekuni dunia aquascape. Berawal diperkenalkan temannya ke salah satu pembuat seni menata ekosistem air itu di Pacitan. Dia penasaran membuatnya. Mulai menata akuarium pribadi dengan bahan seadanya, kini banyak pesanan datang. ‘’Lumayan buat tambah penghasilan,’’ ujar pengajar salah satu MTs swasta di Pacitan itu.

Merancang aquascape bukan pekerjaan sembarangan. Banyak perhitungan matang. Sebab, bisa berakibat fatal. Ikan mati atau tanaman tidak hidup. Kecermatan tak bisa dinego. ‘’Untuk tanaman, bisa karena kelebihan atau kekurangan cahaya. Yang baik itu tujuh sampai sembilan jam per hari, dengan lampu jenis LED. Untuk ikan, ada jenis khusus supaya ekosistem air tetap baik,’’ urainya.

Kini, tahapan rumit membuat aquascape tidak jadi masalah baginya. Malah semakin membuatnya lebih kreatif. Mulai menyiapkan media dasar, memilih, menentukan, hingga menyesuaikan jenis ikan dengan tanaman supaya ekosistem seimbang. ‘’Kayu yang dipakai bisa jenis apa saja asalkan benar-benar dikeringkan dulu,’’ tutur warga lingkungan Barean, Ploso, Pacitan, itu.

Meski tergolong pemula, berkat keseriusannya Qomar menjadi lihai. Beberapa permintaan bisa dirampungkan. Bahkan kian digandrungi warga di tengah situasi pandemi Covid-19. Ada saja pesanan saban pekan. Kendati masih lokalan, capaian tersebut membuatnya bungah. ‘’Ukuran sedang sekitar dua jutaan, kalau besar bisa lebih dari 10 juta,’’ ungkap bapak satu anak itu.* (sat/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button