Pacitan

Dua Ribu Jamaah Berserah Memohon Hujan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Seolah sudah pada titik nadir, namun kemarau tak kunjung berakhir. Ribuan warga Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, menggelar salat Istisqa atau memohon hujan di lapangan kecamatan setempat Jumat (25/10). Upaya berserah kepada Sang Khalik itu sebelumnya ditunaikan sejumlah pejabat tiga pilar kabupaten ini. ‘’Di mana-mana kekeringan, banyak warga kekurangan air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,’’ kata Susilo, salah seorang jamaah.

Sudah sekitar tujuh bulan kemarau menggerus persediaan air. Sumur warga dan sumber air asat. Kondisi itu membuat pola kehidupan masyarakat berubah. Seperti petani yang tidak lagi bercocok tanam. ‘’Semoga wilayah-wilayah yang dilanda kekeringan bisa segera diguyur hujan,’’ harapnya.

Tujuh dari 18 desa di Ngadirojo dilanda krisis air bersih. Paling parah ada 13 dusun dari ketujuh desa tersebut. Bencana ini menggugah warga melaksanakan salat Istisqa. Dua ribu jamaah dari kalangan polisi, TNI, pemerintah, dan pelajar. ‘’Semoga kekeringan bisa berakhir,’’ ucap Kapolsek Ngadirojo Iptu Nursalim. (den/c1/cor)

Oktober Kritis, Stok Air Tipis

PERSEDIAAN air bersih Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan untuk warga terdampak kekeringan menipis. Bila berganti bulan hujan tidak segera turun, kondisi kekeringan kabupaten ini bisa menjadi darurat. ‘’Karena persediaan air tersisa 150 tangki,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo Jumat (25/10).

Didik memerinci, stok pemkab hanya 50 tangki. Sedangkan 100 tangki adalah tambahan Pemprov Jawa Timur. Persediaan kumulatif itu hanya cukup untuk sepekan ke depan. Bila sudah habis dan hujan belum turun, pihaknya berencana membuat laporan kepada bupati. ‘’Minta petunjuk apakah ada penanganan darurat kekeringan atau lainnya,’’ ujarnya.

Intensitas penyaluran air bersih BPBD sejatinya sudah bisa ditekan. Lewat bantuan dropping daerah tetangga sebanyak 100 tangki. Disalurkan ke beberapa desa di Kecamatan Punung, Tulakan, Bandar, dan Donorojo. ‘’Kami mengakomodasi dan meng-cover bantuan tersebut,’’ tutur Didik.

Selama kemarau ini, bantuan air bersih yang telah tersalurkan tembus 1.200 tangki. Perinciannya, 555 tangki dari donatur, 450 tangki pemkab, dan 200 tangki bantuan pemprov. ‘’Donatur punya peran penting menanggulangi kekeringan,’’ ucapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close