Pacitan

Dua Pipa Rusak, PDAM Tekor Ratusan Juta

Pasokan Air 50 Pelanggan Mampet

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Banjir bandang pada Minggu lalu (1/11) tidak hanya merendam rumah warga. Tapi juga merusakkan sambungan pipa air. Dampaknya, pasokan air bersih kepada 50 pelanggan PDAM tersendat.

Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Dharma Pacitan Suyadi mengatakan, kerusakan saluran pipa air terjadi di Dusun Mendole, Desa Sirnoboyo; dan Desa Kayen. Di Mendole, pipa jembatan yang membentang di atas aliran Kali Kunto ambrol. Sedangkan, di Desa Kayen, saluran pipa terputus karena tertimbun longsor. ‘’Pelayanan distribusi air sempat tersendat,’’ katanya Kamis (5/11).

Pihaknya mengklaim gangguan pelayanan itu tidak lama. Karena setelah mendapati jaringan pipa rusak, pihaknya langsung melakukan perbaikan. Seperti mengalihkan distribusi air bersih dengan memanfaatkan jembatan lain. ‘’Sementara ini jembatan pipa yang roboh sudah dilakukan upaya evakuasi dan penutupan,’’ ujar Suyadi.

Sedangkan, penanganan kerusakan pipa di Desa Kayen dilakukan dengan sistem penggantian dua sambungan baru. Akibat kejadian itu, PDAM merugi Rp 205 juta. ‘’Meskipun terputus, tapi tidak terlalu berdampak terhadap pelanggan. Karena sumber air di intake Kebonagung terbilang bagus,’’ ungkapnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button