Pacitan

Dua Perusahaan di Pacitan Tangguhkan UMK

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Hampir semua perusahaan di Pacitan siap menggaji karyawannya sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2020. Hanya dua perusahaan yang mengajukan penangguhan. ‘’Untuk perusahaan-perusahaan yang sudah siap, bakal terus kami pantau,’’ kata Kabid Tenaga Kerja Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pacitan Wicaksono Jumat (13/12).

Dua perusahaan itu adalah pabrik plywood dan rumah sakit swasta. Pihaknya tidak punya kewenangan untuk memutuksan perihal pengajuan penangguhan tersebut. Sehingga, pihaknya akan meneruskan ke Pemprov Jatim. ‘’Keputusannya di pemprov,’’ ujarnya.

Sedangkan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan yang tidak mengajukan penangguhan bertujuan agar regulasi yang telah ditetapkan bisa diterapkan dengan benar. ‘’Mulai Januari 2020 mendatang akan dilakukan monitoring perusahaan yang tidak mengajukan penangguhan itu,’’ ungkapnya.

Diketahui, pemprov telah menetapkan UMK seluruh Jatim. Untuk Pacitan UMK 2020 Rp 1,9 juta. Nominal tersebut naik 8,1 persen dibanding UMK 2019. ‘’Harapannya, perusahaan-perusahaan yang tidak mengajukan penangguhan benar-benar siap menggaji karyawannya sesuai UMK yang telah ditetapkan,’’ ucapnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close