Ponorogo

Dua Pekan, Terbit 2.800 Surat Tilang

OPERASI ZEBRA SEMERU

PONOROGO, Radar Ponorogo – Tingkat kepatuhan masyarakat dalam berkendara masih rendah. Satlantas Polres Ponorogo menerbitkan 2.800 surat tilang dalam dua pekan terakhir. Ribuan surat tilang dalam operasi bersandi Zebra Semeru itu mayoritas diberikan kepada pelajar. ‘’Pelanggar terbanyak di bawah umur,’’ kata Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso Selasa (5/11).

Kemarin polisi menggelar operasinya di Jalan Raya Ponorogo-Madiun ruas Babadan. Ratusan surat tilang diterbitkan dalam kurun dua jam. Sama seperti razia di lokasi lain, pelanggar pada razia hari terakhir ini didominasi remaja di bawah usia 18 tahun. Otomatis belum mengantongi surat izin mengemudi (SIM) C. Tapi, nekat mengendarai motor untuk bersekolah. ‘’Pelanggar pelajar hampir 80 persen,’’ ujarnya.

Bambang menyebut, tingginya pelanggar dari kalangan pelajar tidak berbanding lurus dengan angka pembuatan SIM C baru. Dua pekan terakhir, misalnya. Tidak ada kenaikan permohonan remaja cukup umur membuat SIM C. Jumlah permintaan masih di kisaran 200 keping per hari. Dengan kalimat lain, dominasi pengendara terjaring Operasi Zebra Semeru belum memenuhi persyaratan usia. ‘’Jadi banyak anak-anak belum cukup umur tapi memaksa berkendara,’’ jelasnya.

Satlantas mengklaim rajin memberi sosialisasi kepada pelajar. Keluar-masuk banyak sekolah mengedukasi pentingnya taat aturan berkendara. Tidak hanya preventif, langkah tegas diambil lewat razia secara berkala. ‘’Kami sering menggelar razia di kawasan padat sekolah untuk menindak pelajar,’’ paparnya. (naz/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close