Madiun

Dua Napi Lapas Pemuda Tipu Pengusaha Puluhan Juta

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tipu-tipu belanja online yang diotaki narapidana (napi) Lapas Pemuda Kelas II-A Madiun terungkap dari aksi ketiga. Pemesan ketiga, AS melancarkan aksinya Agustus lalu. Dia meniru dua rekannya, Deni Erdianto dan Deddy Eko Wibisono, pada Juli lalu di Toko Barokah.

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, dari aksi pemesan ketiga itu pihaknya mengendus dua aksi penipuan sebelumnya di toko yang sama dilakukan napi di lapas setempat. Sebelum barang pesanan ketiga berpindah tangan, korban melapor ke Mapolsek Manguharjo. ‘’Kok mirip modusnya, akhirnya ditelusuri,’’ kata Dewa, Jumat (10/9).

Saat ini, dua napi, Deni Erdianto dan Deddy Eko Wibisono, telah resmi ditetapkan sebagai tersangka. Sementara AS, pemesan ketiga, belum memenuhi unsur penipuan lantaran barang pesanan belum beralih tangan ke pelaku. ‘’Dua tersangka ini (Deni Erdianto dan Deddy Eko Wibisono, Red) yang sudah kita pastikan jelas perbuatannya,’’ ujar Kapolres.

Hasil gelar perkara, dua tersangka mengaku mengibuli korban dengan mengirim bukti transfer palsu yang dibuat menggunakan smartphone. Pun, keduanya menggunakan aplikasi khusus. ‘’Cara membuat bukti transfer palsu ini kita upayakan agar ditunjukkan. Sehingga, hasil pemeriksaan benar-benar akurat,’’ terangnya. (tr1/kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button