Pacitan

Dua Jamaah Pacitan Tarik Dana Haji

Limit Rp 12,5 Juta, Diambil Semua Batal Berangkat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penyelenggaraan haji tahun ini sudah pasti batal. Kondisi itu akhirnya disikapi oleh sejumlah calon jamaah dengan menarik biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) mereka. ‘’Sampai dengan saat ini sudah ada dua orang yang mengajukan pengambilan dana keberangkatan hajinya,’’ kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Pacitan Agus Hadi Prabowo Rabu (24/6).

Sekalipun dana keberangkatan haji tersebut boleh diambil, tetapi pihak Kemenag memberikan pembatasan nominal. Calon jamaah hanya diperbolehkan menarik dana hajinya sebesar Rp 12,5 juta dari jumlah keseluruhan. Dengan begitu, mereka bisa tetap mendapatkan jaminan berangkat haji tahun depan. ‘’Kalau diambil semua sebesar Rp 37 juta sesuai dengan BPIH, sama saja dengan membatalkan haji,’’ terang mantan komisioner KPU Pacitan itu.

Sementara uang calon jamaah yang tidak diambil, kata Agus, nantinya disimpan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji. Pihaknya menjamin uang tersebut aman. ‘’Jadi, secara prosedur (pengambilan uang haji) berlangsung sembilan hari kerja sejak berkas permohonan dinyatakan lengkap,’’ jelasnya.

Selain itu, pihaknya bakal mengembalikan dokumen paspor para calon jamaah. Totalnya ada 141 lembar. ‘’Sebagian calon jamaah memang menghendaki menitipkan paspor mereka ke kami. Karena mereka berpikiran tidak akan pergi ke luar negeri. Tapi, sesuai keputusan dari menteri agama (menag) paspor tersebut tetap harus dikembalikan,’’ kata Agus. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close