Magetan

Dua Hari Satu Malam Padamkan Api

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Upaya pemadaman kebakaran lahan di Gunung Bancak, masuk Desa Sundul, Parang, membuat petugas gabungan kewalahan. Butuh waktu dua hari untuk menjinakkan si jago merah yang membara sejak Selasa (22/10). Angin kencang dan serasah membuat kobaran meluas hingga mendekati permukiman setempat. ‘’Kini sudah kondusif, api sudah padam,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan Ferry Yoga Saputra.

Awalnya petugas tidak segera melakukan pemadaman karena titik api tidak bisa dijangkau Selasa pagi. Ketika sudah mendekati permukiman, petugas langusng bergerak dibantu polisi, TNI, dan warga setempat. Mereka membuat ilaran untuk mencegah titik api meluas. ‘’Kami pantau sampai Rabu malam sudah tidak ada api lagi,’’ ujarnya.

Fery menyebut, kejadian kebakaran di kawasan Gunung Bancak hampir selalu terjadi setiap tahunnya. Penyebabnya diduga unsur kesengajaan dari pemilik lahan. Tujuannya untuk membersihkan sampah atau membuka lahan baru. ‘’Kami akan berkoordinasi dengan polsek setempat untuk melacak pemilik tanah lahan hutan jati yang terbakar,’’ tuturnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close