Pacitan

Dua Hari 25 Kasus Baru Korona di Pacitan

Aparatur Sipil Negara Bertumbangan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Persebaran Covid-19 di kantor organisasi perangkat daerah (OPD) makin meluas. Minggu (25/10) seorang pegawai dinas pertanian (disperta) dinyatakan positif korona. Kasus itu menambah deretan aparatur sipil negara (ASN) yang terkonfirmasi. Sebelumnya, empat pegawai badan kepegawaian, pendidikan, dan pelatihan daerah (BKPPD) sudah lebih dulu tertular virus SARS-CoV-2.

Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan melaporkan, sejak dua hari terakhir terjadi ledakan kasus. Terdapat tambahan 25 pasien terkonfirmasi baru. Di antaranya hasil pengembangan dari keluarga ASN BKPPD dan klaster perkantoran BUMN. ‘’Yang BUMN ini sempat mengadakan kegiatan dengan karyawan luar daerah,’’ kata Jubir TGTP Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Ledakan kasus itu membuat pekerjaan TGTP kian berat. Karena proses penelusuran kontak erat pasien begitu masif. Berdampak penambahan jumlah kasus secara pesat dan pertimbangan memberlakukan karantina wilayah maupun kunci sementara (kuntara) kantor pemerintahan.

Rachmad mengungkapkan, semua opsi tersebut masih akan dibahas dengan tim. Termasuk rencana melakukan pemeriksaan masal terhadap mereka yang berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi. ‘’Yang penting masyarakat tidak panik dengan temuan ini. Tetap patuhi protokol kesehatan dan menunda sementara bepergian ke luar daerah,’’ tutur kepala diskominfo itu.

Rachmad menambahkan, kasus kematian karena korona juga bertambah. Hingga kemarin tercatat ada tujuh orang meninggal. Tambahan satu kasus kematian baru terjadi di Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan. Penderita itu mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien yang sebelumnya juga meninggal karena Covid-19. ‘’Sekaligus meluruskan. Tidak ada karantina wilayah dari TGTP di Desa Bangunsari. Yang ada hanya karantina mandiri,’’ ujarnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button