MadiunPeristiwa

Tiga Bulan 17 Insiden Kebakaran

MADIUN — Warga perlu lebih waspada terhadap potensi kebakaran. Pasalnya, sepanjang Mei hingga Juli lalu sudah belasan kali peristiwa kebakaran terjadi di Kota Madiun. Pun kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kendati tidak semuanya menyasar permukiman, ancaman terhadap nyawa tetap harus diantisipasi. Tidak boleh dianggap sepele, kata Kasatpol PP Sunardi Nurcahyono kemarin (1/8).

Catatan satpol PP, selama periode Mei-Juli lalu terdapat 17 insiden kebakaran. Enam di antaranya menimpa rumah dan ruko. Salah satunya kebakaran hebat yang melanda ruko Jalan Gulun pada 29 Mei lalu. Sisanya, si jago merah melahap mobil hingga lahan.

Tidak ada korban jiwa dari 17 bencana tersebut. Namun, kerugian secara keseluruhan ditaksir mencapai lebih dari Rp 50 juta. Angka kerugian besar umumnya dari kejadian kebakaran yang menimpa rumah dan ruko. unsur kelalaian memberi andil terjadinya kebakaran, terangnya.

Ancaman kian besar mengingat kondisi permukiman Kota Madiun terbilang padat. Angin kencang yang kerap berembus sepanjang peralihan musim hujan ke kemarau membuat potensi kebakaran kian besar. Bahkan, sepanjang Juli lalu saja, kebakaran sudah terjadi sebanyak 12 kali. Mulai akibat korsleting listrik, kebocoran tabung elpiji, hingga lalai saat menyalakan api.

Sunardi menyadari pihaknya tidak bisa berjuang sendirian. Warga perlu dilibatkan untuk menekan potensi terjadinya kebakaran. Pun dia mengklaim, sosialisasi terkait bahaya kebakaran tak lelah diselipkan dalam setiap kesempatan. Di sisi lain, pihaknya lebih sering patroli ke permukiman padat penduduk. Musim kemarau potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi. Sementara, kondisi kota ini padat penduduk,” jelasnya.

Sunardi mengklaim, delapan unit mobil pemadam kebakaran (damkar) ready jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Termasuk jenis Bronto Skylift yang berharga miliaran rupiah. Kami juga terus beri pembekalan kepada seluruh personel. Utamanya untuk pengoperasian Bronto Skylift ini. Delapan unit mobil damkar dan 20 personel siap, pungkasnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button