Mejayan

Dua Anak Ingusan Bobol Panti Asuhan di Madiun

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Sebuah panti asuhan di Desa Buduran, Wonoasri, dibobol dua bocah ingusan. Duit ratusan juta rupiah pun raib. ‘’Seorang pelaku anak panti asuhan, satunya lagi dari lingkungan sekitar,’’ kata Kasatreskrim Polres Madiun AKP Ryan Wira Raja Pratama, Senin (9/8).

Aksi pencurian tanpa alat bantu alias tangan kosong itu terjadi berkali-kali selama tiga tahun belakangan. Dua anak itu adalah Yus, 13, serta Dan, 17. Dua-duanya masih berstatus pelajar. Yus anak asuh panti yang bertugas sebagai eksekutor. Sedangkan Dan menampung duit hasil curian. ‘’Mereka mencuri sudah 10 kali dengan nominal variatif sejak 2019 sampai 2021. Total Rp 102 juta,’’ ungkap Raja.

Dua anak itu kongkalikong selama tiga tahun dengan modus operandi yang sama. Yus mencari momen lengah penghuni panti. Biasanya, selepas magrib yang dilanjut wiridan atau kegiatan lain. Yus mengobok-obok lemari penyimpanan duit di salah satu ruangan yang telah diketahuinya. ‘’Eksekutornya pelaku pertama (Yus, Red), sendirian. Tidak menggunakan alat apa-apa saat mengambil uang di dalam lemari yang tidak terkunci,’’ beber Kasatreskrim.

Yus serta Dan memakai duit hasil curian untuk berbagai keperluan pribadi. Biasanya, Dan bakal menyimpan duit hasil curian itu sebelum digunakan. Di antaranya untuk membeli motor seken dan handphone. ‘’Beberapa barang itu sudah kami amankan sebagai barang bukti. Termasuk uang tunai Rp 29 juta dari tangan pelaku kedua (Dan, Red),’’ ujarnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button