features

dr Evelyn Sandjojo Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat

Tingginya angka penderita gangguan jantung mengundang keprihatinan dr Evelyn Sandjojo. Pun, dokter RSUD Kota Madiun itu seolah menjadi alarm bagi pasien dengan getol memberikan edukasi seputar kesehatan jantung.

Sejak kapan bertugas di RSUD Kota Madiun?
Sejak 2015. Awal masuk saya ditugaskan di ruang instalasi gawat darurat (IGD). Kemudian, pada 2019 sampai sekarang di poli jantung sebagai asisten dokter spesialis jantung.

Di luar tugas di rumah sakit, saat ini sedang sibuk apa?
Saya sedang fokus pelatihan dasar CPNS. Itu syarat yang harus saya persiapkan sebelum pelantikan nanti.

Kenapa ingin menjadi pegawai negeri?
Agar bisa mengabdi kepada negara. Fokus membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Apa rencana terdekat?
Setelah pelantikan CPNS, saya akan melanjutkan pendidikan dokter spesialis jantung. Pengalaman menjadi asisten dokter spesialis jantung membuat saya semakin tertarik dengan kesehatan jantung. Apalagi, angka penderita penyakit jantung semakin bertambah dari waktu ke waktu. Sementara, tenaga medisnya masih terbatas.

Bagaimana peta penderita jantung di Indonesia?
Sebanyak 70 persen penderita bermula dari gagal jantung. Mereka abai terhadap kesehatan jantung. Bisa dikatakan, penyakit jantung merupakan silent killer. Walaupun penderita rata-rata orang yang sudah berumur, tidak menutup kemungkinan penyakit jantung dapat menyerang remaja maupun usia produktif jika tidak menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup yang seperti apa?
Pertama, menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Kedua, olahraga teratur minimal 30 menit sehari atau lima kali dalam seminggu. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman manis dan mengandung kadar garam tinggi. Juga makanan instan dan junk food. Dianjurkan tidak merokok.

Edukasi seperti apa yang telah Anda lakukan?
Pasien saya beri pemahaman saat mereka kontrol. Juga membuat kalender penyuluhan. Selain itu, menyosialisasikan lewat banner atau pamflet serta melalui siaran radio, media cetak, maupun media online. (fit/c1/aan/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button