Magetan

DPUPR Magetan Bangun Taman Rekreatif dan Edukatif

Bongkar Pagar, Pajang Dua Kendaraan Berat

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dua unit tandem roller menyambut siapa saja yang datang ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan. Kendaraan berat itu sengaja ditempatkan di depan kantor. Rencananya, di halaman kantor organisasi perangkat daerah (OPD) itu akan dibuat taman. ‘’Sudah tidak ada mesinnya. Kami gunakan sebagai ikon,’’ kata Sekretaris DPUPR Magetan Muchtar Wahid Rabu (25/12).

Menurut Muchtar, taman itu bakal dijadikan playground dan spot selfie. Terutama bagi muda-mudi yang doyan foto. Mereka kerap mencari tempat instagramable di kantornya. Mulai tumpukan drum, lapangan tenis, hingga kendaraan tua yang sudah ditumbuhi rumput liar. Apalagi, keberadaan UPT damkar di satu lokasi, membuat kantor DPUPR juga jadi jujukan siswa taman kanak-kanak (TK). ‘’Selain tempat rekreasi juga jadi tempat edukasi,’’ ujarnya.

DPUPR pun tak segan membongkar pagar depan. Rencananya bakal diganti pepohonan. Agar kesan seram hilang berganti lebih bersahabat. Sebagai kantor pelayanan, memang harus ramah kepada masyarakat. Taman itu juga akan dilengkapi dengan beragam tanaman hias. UPT Wilayah I sudah menyiapkan bibit yang saat ini masih disemai. ‘’Kalau pagarnya dari pohon dan banyak bunga akan terlihat ramah,’’ tuturnya.

Pembangunan taman juga untuk mendukung halaman DPUPR sebagai area parkir. Yakni, bagi pengunjung sentra kerajinan kulit Jalan Sawo yang selama ini kesulitan lahan parkir. Halaman DPUPR yang luas bisa dimanfaatkan menampung bus dan kendaraan pribadi. Sehingga, para wisatawan bisa berjalan kaki ke Jalan Sawo. ‘’Selama ini parkirnya ngumpul di sisi timur,’’ katanya.

Parkir yang terpusat di sisi timur Jalan Sawo memengaruhi tumbuh-kembang perekonomian. Usaha kerajinan kulit hanya menggeliat di sisi itu. Sedangkan di sisi barat sepi. Sehingga pertumbuhan ekonomi kurang merata. ‘’Kalau pengunjung datang dari arah barat, sisi barat juga akan tumbuh perekonomiannya,’’ terangnya.

DPUPR juga telah memperbaiki trotoar khusus pejalan kaki di sekitar kantornya. Pembangunan akan terus dilanjutkan hingga seluruh wilayah perkotaan bertrotoar. ‘’Jalan Sawo juga sudah kami lengkapi trotoar. Jadi, para pejalan kaki aman saat berjalan,’’ pungkasnya. (bel/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close