Madiun

DPUPR Kota Madiun Siapkan Dua Desain Baru Tugu Nol Kilometer

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Progres proyek penataan kawasan Prapatan Toegoe, Kota Madiun telah mencapai 85,15 persen. Lebih cepat 17,56 persen dari jadwal. Saat ini pengerjaan sisi utara sebelah timur (depan toko sepatu) dan sisi selatan sebelah barat (depan pos polisi) dimulai. ‘’Pengecoran, kemudian pemasangan granit,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Thariq Megah, Rabu (22/9).

Pekerjaan tersebut, lanjut Thariq, memiliki bobot 7-8 persen. Diperkirakan bulan ini pekerjaan tuntas. Bersamaan itu dilakukan penataan kabel dengan sistem ducting atau penanaman kabel di bawah tanah. ‘’Kami memang mengedepankan estetika,’’ ungkapnya.

Pun, bakal dibangun tugu penanda nol kilometer. Ada dua desain yang akan diajukan ke wali kota. Pertama, menyerupai menara berhias lampu. Tinggi tiga meter dengan diameter bawah sekitar 1,5 meter. ‘’Semakin ke atas semakin mengerucut,’’ terangnya.

Desain kedua menyerupai batu berhias replika Keris Pusaka Tundung Madiun. Keris itu terdapat dalam logo Pemkot Madiun yang melambangkan kejayaan, kepribadian, dan penolak bahaya. Tingginya dua meter dengan diamater 1,5 meter. ‘’Desain itu kami mintakan persetujuan ke atasan yang diteruskan ke wali kota,’’ papar Thariq.

Sembari menunggu acc, pihaknya menyiapkan fondasinya. Tugu nol kilometer itu ditempatkan di sebelah barat tugu lalu lintas yang saat ini terpasang di tengah perempatan. ‘’Setelah pekerjaan pemasangan granit selesai, tugu akan dipasang,’’ jelasnya.

Kendati titik nol tersebut berada sekitar 100 meter dari perempatan, diharapkan tugu itu melengkapi daya tarik Prapatan Toegoe yang diproyeksikan sebagai landmark Kota Madiun. ‘’Bisa untuk jujukan pengunjung dari Pahlawan Street Center,’’ sebutnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button