AdvertorialPonorogo

DPRD Ponorogo Awasi Penyaluran Bantuan Dampak Korona

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Berbagai bantuan dampak Covid-19 jadi atensi wakil rakyat. Beberapa hari terakhir, pimpinan dan anggota DPRD Ponorogo memantau penyalurannya. ‘’Kami meninjau untuk memastikan bantuan betul-betul tepat sasaran diterima masyarakat yang berhak,’’ kata Wakil Ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno Rabu (13/5).

Ketua DPRD Sunarto juga meninjau langsung penyaluran bantuan di Kecamatan Sukorejo. Mulai bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos), bantuan pangan nontunai (BPNT) dari pusat maupun daerah (BPNTD), hingga pendataan bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD).

Di Kecamatan Jenangan, Dwi memantau penyaluran BPNT dan BPNTD. Masyarakat sejumlah desa silih berganti dipanggil menerima kartu untuk menukar bahan pokok di e-warung yang ditunjuk. Menurut Dwi, teknis penyaluran tidak bisa dilakukan di setiap desa lantaran keterbatasan tenaga dari pihak bank. ‘’Kalau per desa bisa tiga bulan baru selesai,’’ ujarnya.

Dwi meminta petugas di lapangan memverifikasi seakurat mungkin. Sebab, data itulah yang akan jadi acuan. Supaya menekan potensi bantuan tidak tepat sasaran. Jangan sampai bantuan diterima orang yang tidak berhak. Sementara yang berhak malah tidak mendapat bantuan. ‘’Data penerima bantuan bermula dari tingkat RT, karena itu harus akurat,’’ tegasnya.

Wakil Ketua DPRD Ponorogo Anik Suharto secara spesifik menyoroti temuan bantuan dari pusat yang kurang tepat sasaran. Sebab, basis datanya belum melalui proses pemutakhiran. Dia berharap, bantuan langsung dari desa dapat meng-cover masyarakat yang belum mendapat bantuan. ‘’Maka dari itu, paling tidak bantuan dari desa harus tepat sasaran. Sehingga, yang sebelumnya tidak ter-cover bantuan lain, dapat menerima bantuan tersebut,’’ ujarnya. (naz/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close