AdvertorialNgawi

DPRD Ngawi Sebut Persediaan Bahan Pangan Aman

Antok Blusukan Tanya Stok dan Harga

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto “Antok” Jatmiko kembali melakukan blusukan. Jika sebelumnya ke RSUD dr Darsono untuk mengecek kesiapan penanganan kasus corona virus disease 2019 (Covid-19), Kamis (19/3) Antok menemui sejumlah pedagang di Pasar Besar Ngawi (PBN). ‘’Kami ingin memastikan secara langsung kondisi di PBN pasca-isu Covid-19 meluas tetap aman,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Antok berdialog dengan sejumlah pedagang. Mereka mengakui sempat terjadi penurunan pembeli. Terutama saat pemerintah membuat kebijakan social distancing beberapa hari lalu. ‘’Ini (penurunan pembeli, Red) bisa dipahami. Adanya wabah Covid-19 bisa berdampak pada psikologi masyarakat, salah satunya penurunan jumlah pembeli di pasar,’’ paparnya.

Namun, kondisinya dilaporkan sudah membaik dalam dua hari terakhir. Intensitas pembeli sudah mulai kembali normal meski belum bisa pulih total. Selain itu, Antok memastikan ketersediaan bahan baku makanan. Terutama kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako). Apakah masih cukup. ‘’Stoknya masih aman, pedagang juga tidak kesulitan mendapatkan pasokan,’’ ungkapnya.

Memang dari sekian banyak barang kebutuhan, ada beberapa yang mengalami kenaikan harga. Misalnya bawang merah, bawang putih, dan gula pasir. Namun, Antok memastikan kenaikan itu tidak signifikan dan masih wajar. Sedangkan untuk harga beras masih stabil, belum ada kenaikan. ‘’Yang luar biasa memang empon-empon. Makanya ke depan (empon-empon) tidak boleh dianggap remeh. Paling tidak setiap keluarga harus punya sendiri,’’ tuturnya.

Selain mengecek kondisi harga maupun stok kebutuhan bahan makanan di pasar, Antok juga sempat memberikan sosialisasi ke sejumlah pedagang kemarin. Mereka diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid-19 atau yang dikenal dengan korona. Antok juga sempat membagikan masker kepada para pengunjung PBN. ‘’Yang penting pola hidup bersih dijaga, selalu cuci tangan, periksa ke dokter kalau merasa sakit, dan gunakan masker jika perlu,’’ pesannya. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button