AdvertorialNgawi

DPRD Ngawi Minta KPU Segera Selesaikan Coklit

Komisi I Gelar Monitoring Kerja

NGAWIJawa Pos Radar Ngawi – Komisi I DPRD Ngawi memberikan peringatan kepada KPU setempat. Badan penyelenggara pemilu itu diminta segera menyelesaikan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pilkada serentak. Itu mengingat tenggat waktu pelaksanaan coklit hanya menyisakan sepekan sampai 13 Agustus mendatang. ”Kami ingin KPU bisa merealisasikan targetnya sebelum waktu coklit itu habis,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Ngawi Heru Kusnindar Kamis (6/8).

Sampai sejauh ini, Heru belum mengetahui sejauh mana perkembangan persentase pelaksanaan coklit data pemilih pilkada serentak di Ngawi. Namun, dari hasil monitoring di lapangan bersama anggota komisi I lainnya kemarin, menurutnya masih ada yang capaiannya di angka 83 persen. ‘’Sebenarnya itu sudah cukup baik, tapi akan lebih baik lagi jika itu (coklit, Red) segera diselesaikan,’’ pintanya.

Berdasarkan penjelasan KPU Ngawi yang diterima komisi I kemarin, secara akumulatif dalam satu kecamatan memang progres capaiannya masih kurang dari seratus persen. Namun, untuk progres coklit di tingkat desa sudah banyak yang selesai. Sisanya karena banyak warga yang bekerja sehingga sulit ditemui petugas PPDP. ”Tapi, pihak KPU kemarin sudah yakin, sebelum habis waktunya nanti bisa selesai,’’ ujarnya.

Diketahui bahwa Komisi I DPRD Ngawi sengaja menggelar kegiatan monitoring kerja petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) mulai kemarin dan hari ini (7/8). Pimpinan dan anggota komisi I dibagi lima kelompok. Masing-masing kelompok mendapat jatah monitoring di tiga hingga empat kecamatan. Tujuan dari monitoring salah satunya untuk memastikan proses coklit berjalan sesuai target.

Di samping menyorot soal target coklit, Heru juga menerima beberapa masukan kemarin. Salah satunya terkait sarung tangan petugas PPDP. Sarung tangan itu dikeluhkan lantaran menyulitkan petugas PPDP. Kondisi tersebut terjadi akibat tidak adanya ukuran spesifik. Pihaknya juga berusaha menggali informasi mengenai stiker pemutakhiran yang tanggalnya sudah kedaluwarsa. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button