AdvertorialNgawi

DPRD Ngawi Bekerja Efektif di Tahun Pertama

Konsisten Jalankan Tiga Fungsi meski Pandemi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko memastikan tahun pertama kinerja pimpinan dan anggota DPRD Ngawi periode 2019-2024 tetap berjalan efektif. Kondisi tersebut terjaga kendati aktivitas maupun kegiatan dewan sempat terhenti pada awal tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. ‘’Di awal pandemi Covid-19 lalu memang kurang efektif, tapi kami mampu bangkit untuk bergerak bersama,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko Senin (24/8).

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan, DPRD Ngawi telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik pada tahun pertama ini. Khususnya untuk tiga fungsi DPRD dalam pemerintahan. Pertama, fungsi legislasi. Dari total 21 rancangan peraturan daerah (ranperda) tahun 2019 lalu, yang mampu diselesaikan sebanyak 18 ranperda. ‘’Sisanya, tiga ranperda terpaksa ditangguhkan atas saran dari pemerintah provinsi,’’ jelasnya.

Begitu juga fungsi anggaran, Antok memastikan semua sudah berjalan baik dan sesuai target yang ditetapkan dalam perundang-undangan. Misalnya mengenai pembahasan APBD Ngawi tahun 2020 yang rampung dan disahkan sekitar November 2019 lalu. ‘’Beberapa hal lain yang menyangkut dengan anggaran juga bisa kami selesaikan tepat waktu,’’ ungkapnya.

Keberhasilan DPRD dalam melaksanakan fungsi anggaran juga dibuktikan dengan diraihnya opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) selama beberapa tahun terakhir. Mengenai fungsi pengawasan, Antok menyebut sudah berjalan cukup efektif. Hal itu dibuktikan kegiatan masing-masing komisi bersama mitra kerjanya. ‘’Baik melalui kegiatan rapat pembahasan maupun peninjauan kegiatan di lapangan,’’ sebutnya.

Terkait kinerja satu tahun ke depan, Antok berharap semua anggota DPRD Ngawi mampu belajar dari pengalaman dari tahun sebelumnya. Munculnya pandemi Covid-19 pada pertengahan tahun anggaran lalu patut dijadikan pertimbangan. Baik dalam menyusun formulasi perencanaan anggaran maupun pelaksanaan kegiatan pada 2021 nanti. ‘’Yang jelas, pada tahun kedua nanti semua harus lebih baik dari tahun sebelumnya,’’ tegas Antok. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button