AdvertorialNgawi

DPRD Ngawi Awasi Program Penanganan Covid-19

Dorong OPD Siapkan SOP Hadapi New Normal

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – DPRD Ngawi bakal bekerja ekstra keras selama bulan Juli ini. Selain melaksanakan tugas kelembagaan yang menyangkut perencanaan anggaran, para wakil rakyat juga diharapkan lebih aktif dalam melakukan pengawasan terkait program pemerintah daerah, terutama yang berhubungan dengan penanganan Covid-19. ‘’Dua hal itu yang akan menjadi fokus DPRD selama sebulan ke depan,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko usai memimpin rapat banmus di kantornya Selasa (30/6).

Antok –sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengungkapkan, pelaksanaan penanganan Covid-19 itu merupakan salah satu yang sedang update saat ini. Karena itu, perlu mendapatkan perhatian khusus. Melalui rapat banmus kemarin, pihaknya meminta setiap komisi melaporkan secara khusus terkait dengan kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja masing-masing. ‘’Misalnya komisi I mengenai penyaluran BLT (bantuan langsung tunai, Red) dana desa dan seterusnya,’’ ujarnya.

Terkait pelaksanaan new normal atau tatanan hidup baru di Ngawi yang resmi diterapkan per tanggal 1 Juli ini, DPRD mendorong semua OPD mitra kerja dari masing-masing komisi lebih siap. Terutama yang menyangkut kesiapan pedoman atau standard operating procedure (SOP) di instansi masing-masing. ‘’Bagaimana kesiapan SOP di bidang ekonomi, pariwisata, dan sebagainya,’’ sebut Antok.

Di sisi lain, pihaknya juga harus menyiapkan sejumlah agenda penting yang berkaitan dengan tugas DPRD secara kelembagaan. Mulai rapat paripurna, hingga pembahasan KUA PPAS untuk tahun 2021 yang harus selesai Juli ini. Juga persiapan untuk pembahasan perubahan APBD 2020. ‘’Makanya, dalam situasi apa pun semua anggota DPRD Ngawi harus siap menjalankan fungsi pengawasan sekaligus dapat menyelesaikan tugas secara kelembagaan yang berkaitan dengan perencanaan anggaran tadi,’’ pungkasnya. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close