AdvertorialMadiun

DPRD Kota Madiun Konsisten Terbitkan Perda Prorakyat

Setia Menjaga Kepercayaan Masyarakat

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Wakil rakyat mendapat ujian di hari parlemen ini (16/10). Di tengah masifnya penolakan UU Cipta Kerja, DPRD Kota Madiun konsisten menelurkan produk hukum prorakyat.

Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya (AR) Bagus Miko Saputra memaknai hari parlemen di tahun ini sebagai ujian. Gelombang demonstrasi di berbagai daerah sedikit banyak menurunkan tingkat kepercayaan publik. Aspirasi pekerja, mahasiswa, dan masyarakat tetap difasilitasi melalui jalur mediasi. Tuntutan agar Presiden Jokowi menerbitkan peraturan pemerintah (perpu) yang membatalkan pengesahan UU Cipta Kerja telah dikirimkan DPRD Kota Madiun ke Senayan. ‘’Kami fasilitasi bersama wali kota menyampaikan aspirasi ke Jakarta. Tanpa demonstrasi, sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah,’’ ujar AR.

Legislatif di kota ini juga telah menelurkan berbagai produk hukum prorakyat. Mulai perda penyelenggaraan jaminan sosial bagi tenaga kerja sektor informal, perda rencana induk pembangunan pariwisata Kota Madiun 2020-2025, perda santunan kematian bagi penduduk, perda pengarusutamaan gender, perda perlindungan dan pengembangan ekonomi kreatif, perda jasa konstruksi, hingga perda penyelenggaraan santunan kematian bagi penduduk. ‘’Ini membuktikan kami tetap bekerja atas kepercayaan dari dan untuk masyarakat,’’ tegasnya.

Produk hukum prorakyat itu disusun berdasarkan masukan dan saran dari masyarakat. Kepentingannya untuk kesejahteraan masyarakat. Seperti perda jaminan sosial bagi tenaga kerja informal. Payung hukum ini menjadikan Kota Madiun sebagai daerah pertama di Jatim yang memperhatikan pekerja di sektor informal. ‘’Totalnya inisiatif ada enam, 27 eksekutif karena penyesuaian,’’ paparnya.

Kinerja dewan setahun belakangan juga menunjukkan tren positif. Dibuktikan dari hasil indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang mencapai 81,26. Nilai itu berdasarkan berbagai aspek. Yakni, peran legislatif dalam pembangunan daerah serta pelaksanaan fungsi legislasi dan pengawasan. Mewakili seluruh unsur pimpinan, AR berharap di momen hari parlemen ini kinerja anggota DPRD terus ditingkatkan. Membina hubungan dengan pemerintah serta memberikan masukan dalam pembangunan daerah. Dewan selalu berdiri di barisan masyarakat dan siap menampung aspirasi. ‘’Kami juga mendukung pencegahan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi,’’ ucapnya. (kid/c1/fin/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close