Advertorial

DPRD Kota Madiun Apresiasi Peran Kejaksaan Ikut Perangi Pandemi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Wakil rakyat mengajak seluruh elemen bahu-membahu menghadapi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir. Pun, spirit itu dinilai sejalan dengan tema besar Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 tahun ini, yakni Berkarya untuk Bangsa.

‘’Berkarya untuk bangsa dimaknai sebagai semangat bersatu menghadapi pandemi ini. Apa yang bisa kita lakukan? Tentu disiplin prokes (protokol kesehatan, Red) dan ikut vaksinasi,’’ kata Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya (AR) BMS, Kamis (22/7).

Semangat itu juga telah diusung Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Madiun. Diwujudkan melalui sinergitas lintas sektor. Baik dengan eksekutif, legislatif, kepolisian, maupun TNI. Itu dilakukan untuk mengoptimalkan langkah menekan sebaran Covid-19. ‘’Sinergitas telah terbangun. Ini wujud nyata bagaimana Hari Adhyaksa juga bagian dari kami,’’ ujarnya.

Menurut dia, kejaksaan sebagai pengendali proses perkara memiliki kedudukan sentral dalam penegakan hukum. Operasi yustisi merupakan salah satu bentuk nyata sinergitas lintas sektor telah terbangun untuk menekan sebaran pandemi. ‘’Momentum Hari Kejaksaan menjadi pemantik kita semua meningkatkan kesadaran disiplin prokes dan vaksinasi,’’ tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Istono menambahkan, kejaksaan berdiri menjadi lembaga independen sejak 22 Juli 1960 silam. Mendasar Surat Keputusan Presiden RI Nomor 204 Tahun 1960. ‘’Peran sentral kejaksaan telah terbangun lama. Itu kemudian diwujudkan menjadi sinergitas lintas sektoral demi memerangi berbagai hal, khususnya yang berkaitan dengan perbuatan menyalahi hukum,’’ kata Istono.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Armaya menyebut bahwa fondasi hukum Kejaksaan RI telah ditetapkan dalam UU Nomor 16 Tahun 2004. Kejaksaan merupakan lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara dalam bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang. ‘’Tugas itu ditambah dan telah diwujudkan Kejari Kota Madiun dengan berbagai program lintas sektoral. Mari bersama akhiri pandemi ini dengan berkarya untuk bangsa, selamat Hari Adhyaksa,’’ ucap Armaya. (kid/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button