AdvertorialNgawi

DPRD Ingatkan Pemkab tentang Kemerdekaan Belajar

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) hari ini, DPRD Ngawi mengingatkan sejumlah hal penting yang perlu dilaksanakan pemkab. Terutama terkait tujuan pendidikan yang dilandasi kemerdekaan belajar sesuai program kebijakan baru pemerintahan Presiden RI Joko Widodo. ‘’Apapun kondisinya, kemerdekaan belajar harus diimplementasikan,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, Jumat (1/5).

Antok -sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- mengatakan, kemerdekaan belajar menjadi tantangan paling besar bagi pemerintah daerah saat ini. Apalagi, sekarang sedang ada pandemi Covid-19 hingga kegiatan belajar mengajar maupun perkuliahan secara tatap muka ditiadakan.
Dia juga mengingatkan mengenai metode belajar sistem daring yang dipilih pemerintah untuk menggantikan tatap muka. DPRD berharap ada evaluasi terhadap penerapan model pendidikan tersebut. Apalagi, penerapannya diperpanjang terus dari rencana semula yang hanya dua pekan. ‘’Pada sisi tertentu kami yakin model pembelajaran seperti itu cukup efektif, tapi di sisi lain juga ada kelemahan yang perlu dievaluasi,’’ tuturnya.

Kendala dalam penerapan model pembelajaran daring itu di antaranya terkait fasilitas internet. Sebab, tidak semua wilayah di Ngawi jaringan internetnya baik. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan peserta didik. Tdak semua siswa, khususnya jenjang SD, memiliki smartphone untuk mengakses pembelajaran model online tersebut. ‘’Kami berharap ada inovasi khusus terkait beberapa kendala tersebut, supaya kemerdekaan belajar itu benar-benar didapat oleh anak didik,’’ paparnya.

Dia juga mengingatkan soal efektvitas penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dengan ditiadakannya pembelajaran tatap muka, otomatis banyak kebutuhan yang bisa dipangkas. Menurutnya, sebaiknya anggaran tersebut dialihkan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring supaya lebih efektif. ‘’Mudah-mudahan di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, anak-anak tetap bisa update terhadap pembelajaran yang seharusnya diterima,’’ harapnya. (tif/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close