Advertorial

DPRD Apresiasi Kinerja Kanang selama Satu Dekade Menjabat Bupati

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Penyelenggaraan pemerintahan Ngawi dalam satu dekade terakhir nyaris tidak pernah diwarnai konflik antara eksekutif dan legislatif. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada kinerja pemkab. Semua program pembangunan dapat dieksekusi dengan baik.

Wakil Ketua I DPRD Ngawi Sarjono menyatakan, hubungan yang selama ini terjalin baik antara DPRD dan eksekutif tidak terlepas dari peran Bupati Budi ‘’Kanang’’ Sulistyono. Gaya kepemimpinan Kanang yang komunikatif menjadi kunci terwujudnya pemerintahan yang kondusif. ‘’Sebagai kepala daerah, Pak Kanang juga dikenal tegas,’’ ujarnya, Kamis (21/1).

Dia mengatakan, Kanang selalu mendiskusikan program yang akan dilakukan dengan DPRD terlebih dahulu. Hal itu membuat penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) nyaris tidak pernah menemui masalah. ‘’Catatan untuk diperbaiki pasti ada, tapi kinerja pemerintahan secara umum patut diapresiasi,’’ ungkapnya.

Sarjono juga menyebutkan bahwa Kanang terbuka terhadap masukan dan kritik terhadap pemerintahannya. Itu terlihat saat penyusunan awal RKPD tahunan maupun RPJMD setiap lima tahun. Saran dari DPRD maupun organisasi masyarakat selalu diterima dengan baik. ‘’Selaku lembaga pemerintah yang melakukan pengawasan, kami sangat terbantu dengan sikap terbuka eksekutif,’’ ujarnya.

Dalam fungsi legislasi, pihaknya juga terbantu dengan sikap akomodatif Kanang. Setiap penyusunan RKPD, APBD, RPJMD maupun perda turunan dari undang-undang, pemerintahan Kanang selama 10 tahun terakhir terbilang tertib. ‘’Tidak pernah ada pertentangan sehingga apa yang telah disusun dapat dijalankan dengan baik,’’ imbuhnya.

Dia juga menyebutkan bahwa beberapa program Kanang selama dua periode kepemimpinannya memiliki banyak terobosan. Hasilnya, Ngawi saat ini mulai diperhitungkan di tingkat nasional. Terutama bidang pertaniannya. Bumi Orek-Orek kini menempati urutan enam lumbung padi nasional. ‘’Walaupun belum sepenuhnya bisa menyelesaikan permasalahan global di daerah setempat, setidaknya saat ini Ngawi dikenal di kancah nasional,’’ sebutnya.

Dia menambahkan, beberapa event nasional juga sukses terselenggara selama kepemimpinan Kanang. Bahkan, beberapa kali Presiden Joko Widodo berkunjung Ngawi atas ajakan Kanang. Pun, banyak proyek pembangunan strategis yang menyentuh Ngawi. Mulai revitalisasi Pasar Besar Ngawi (PBN) dan Benteng Van de Bosch, pengembangan kawasan agropolitan dan ATP, hingga pembangunan exit tol dan kawasan industri. ‘’Semua proyek pembangunan yang dibiayai pemerintah pusat itu tidak terlepas dari sosok Pak Kanang sebagai kepala daerah sekaligus kader partai yang andal,’’ pungkasnya. (mg3/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button