AdvertorialMadiun

Dosen UPN Dorong BUMdes Jadi Investor Wisata

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Potensi wisata di Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun dibidik serius. Tidak hanya menawarkan satu lokasi, pemerintah kecamatan berencana membuat kawasan wisata. Hal itu terungkap saat tim dari program studi (prodi) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya sambangi wilayah Kare, Senin (2/11).

Kehadiran para dosen ini mendorong pemerintah desa beserta kecamatan untuk lebih memberdayakan masyarakatnya dalam mengelola sumber daya alam di wilayah Kare. ‘’Materi yang kami berikan soal pemberdayaan masyarakat berbasis pedesaan, khusus Kare yang lagi ditonjolkan wisatanya,’’ jelas pemateri yang juga dosen prodi Ekonomi Pembangunan M Taufiq.

Saat ini Kare memiliki 23 potensi wisata yang telah terdaftar di Disparpora. Sayangnya, promosi masih dilakukan terpisah, sehingga daya jual masih rendah. Melalui program ini, wisatawan tidak hanya menikmati keindahan alam Kare, tapi juga membeli oleh-oleh produksi warga yang selama ini dibina Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Mereka juga bisa menginap di rumah warga yang telah disulap menjadi home stay. ‘’Masyarakat juga bisa membuat home stay sekelas hotel bintang lima dengan modal dari BUMdes, jadi ndak perlu investor luar. Warga akan menjadi pemilik bukan pekerja,’’ terangnya.

Sementara itu, Camat Kare Tarnu Ashidiq berterima kasih atas kehadiran dosen dari UPN Surabaya. Pasalnya, warga Kare semakin mengerti cara mengelola pontensi wisatanya. Nantinya, potensi tersebut akan diubah menjadi kawasan wisata yang memiliki nilai jual tinggi. Pihaknya akan menerapkan konsep eco adventure tourism. Dengan sekali jalan, wisatawan bisa menikmati berbagai wisata yang berada di selingkup Kare. Saat ini pihaknya fokus membuat jalan penghubung antar potensi wisata. ”Nantinya jika sudah terhubung pasti akan seru,” pungkasnya. (ti7/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button