Advertorial

Dorong Pemberdayaan, Tingkatkan Kesejahteraan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Sederet program pengentasan kemiskinan di era pemerintahan Budi ’’Kanang’’ Sulistyono dan Ony Anwar Harsono efektif mengangkat derajat hidup warga Ngawi. Salah satu yang menjadi ujung tombak dalam mengentas kemiskinan yakni program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). ‘’Melalui KUBE, keluarga prasejahtera diberdayakan untuk merintis usaha ekonomi produktif (UEP),’’ kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tri Pujo Handono.

Sejak 2017 sudah ada 152 KUBE aktif di Ngawi. Pujo mengangankan KUBE sebagai embrio koperasi yang dapat menggurita ke berbagai bidang bisnis lain. Misalnya KUBE Lestari di Sukowiyono, Padas. Dari semula bergerak di bidang peternakan kambing, kini merambah usaha pupuk dan peternakan sapi. Kesuksesan itu mengantarkan KUBE Lestari menyabet juara II KUBE Berprestasi Jatim 2020. Prestasi tersebut menular ke berbagai KUBE lainnya.

Selain KUBE, dinsos juga melakukan pendampingan intens terhadap program keluarga harapan (PKH). Berkat pendampingan tersebut, 9.634 keluarga penerima manfaat (KPM) atau sekitar 22,72 persen dari jumlah total KPM berhasil graduasi pada 2020. ‘’Dengan kata lain, derajat kesejahteraan masyarakat meningkat,’’ jelasnya.

Angka kemiskinan juga ditekan melalui pemberian jaminan kesehatan kepada keluarga rentan miskin. Sebanyak 511.802 warga didaftarkan sebagai penerima bantuan iuran jaminan kesehatan (PBI-JK) dan PBI daerah. Jumlah yang didaftarkan lebih banyak dari data warga miskin sesuai data PBI-JK Oktober 2020 sejumlah 408.880 warga. ‘’Ini bentuk komitmen Pemkab Ngawi dalam memberi pelayanan dasar kesehatan yang setara,’’ tutur Pujo.

Dinsos di bawah kepemimpinan Kanang juga diminta responsif menangani pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). Selain menyediakan selter atau rumah aman, PPKS juga diberi bantuan uang tunai, barang, maupun pelatihan keterampilan. Harapannya, PPKS bisa mendapat penghasilan dari keterampilan mereka sendiri. Tak hanya itu, lembaga kesejahteraan sosial (LKS) intens dibina untuk menyejahterakan para penghuninya. (odi/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button