Mejayan

DLH Kabupaten Madiun Usul Tambah Armada Angkut Sampah

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Sarana dan prasarana (sarpras) pengelolaan sampah Kabupaten Madiun belum memadai. Dinas lingkungan hidup (DLH) setempat mengusulkan penambahan peranti penunjang itu ke pemerintah pusat.  Serta meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mengelola secara mandiri. ‘’Selalu berupaya untuk ditambah,’’ kata Plt Kabid Persampahan dan Limbah Domestik DLH Kabupaten Madiun Sukarji kemarin.

Sukarji mengungkapkan, total kendaraan pengangkut sampah yang dimiliki saat ini 12 unit. Perinciannya, masing-masing enam truk amrol dan dump truck. Belasan kendaraan itu sejatinya cukup untuk mobilitas mengangkut sampah rumah tangga dari 15 kecamatan ke tempat pembuangan akhir (TPA) Kaliabu, Mejayan. Akan tetapi, jumlahnya perlu ditambah karena aktivitas masyarakat terus meningkat. ‘’Sebagai antisipasi kawasan permukiman juga bertambah,’’ ujarnya.

Tahun ini DLH melayangkan proposal penambahan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Berupa dua unit truk dan satu unit loader. Bila disetujui, armada baru itu bisa digunakan tahun depan. Membantu intensitas pengangkutan sampah yang rata-rata produksinya 25 ton per hari. ‘’Pembuangan akhir masih tersentral di Kaliabu,’’ ucap Sukarji.

Selain penambahan armada, DLH juga berusaha mengoptimalkan pengelolaan sampah lewat pemberdayaan. Seperti menambah bank sampah dan tempat pembuangan sampah sementara (TPS). Skema tersebut bisa mengurangi dampak residu dan menekan bobot produksi sampah sebelum masuk TPA. ‘’Penambahan bank sampah sementara di wilayah perkotaan,’’ ujarnya seraya menyebut saat ini ada 120 titik bank sampah.

Sukarji mengatakan, kawasan permukiman baru terus bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Penambahan penduduknya tentu berdampak terhadap produksi limbah rumah tangga. Akan tetapi, efeknya sejauh ini belum terlalu signifikan. Produktivitas sampah bertahan di angka 25 ton per hari. Itu karena residunya bisa dikurangi memanfaatkan keberadaan TPS dan bank sampah. ‘’Karena itu, upaya menambah (TPS dan bank sampah) terus dilakukan,’’ ucapnya. (cor/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button