NgawiPeristiwa

Ditinggal Resepsi, Rumah Dilalap Api

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Muji menangis histeris saat mendapati rumah yang dibangun bersama Suprapto suaminya dari jerih payah berdagang sayur keliling ludes terbakar Rabu siang (23/10). Bahkan, beberapa kali perempuan itu pingsan. ‘’Tahu-tahu api sudah membesar,’’ ujar Tukiman, tetangga korban.

Insiden kebakaran di Dusun Sendangrejo Kidul, Wonokerto, Kedunggalar, itu terjadi sekitar pukul 12.30. Bermula saat Muji dan Suprapto menghadiri resepsi pernikahan tetangganya yang berjarak 300 meter dari rumahnya.

Memasuki tengah hari, beberapa warga memilih pulang dari tempat hajatan, termasuk Tukiman. Pria itu kaget bukan kepalang saat mendapati kepulan asap dari sekitar rumah korban. Benar saja, saat didekati api telah mengepung bangunan tersebut. ‘’Rumah sedang kosong. Warga lainnya juga ke hajatan semua,’’ katanya.

Tukiman mengungkapkan, awalnya api melalap rumah bagian belakang. Pun, dia sempat mencoba memadamkan dengan peralatan seadanya. Namun, minimnya air serta angin kencang membuat si jago merah dengan cepat merembet ke bangunan lain.

Dia menduga kebakaran disebabkan korsleting mesin cuci milik korban. Api dengan cepat bekobar lantaran menyambar tabung gas. Terbukti adanya suara ledakan serta melelehnya mesin cuci tersebut.

Tukiman menambahkan, tak sampai setengah jam api telah menghanguskan dua bangunan milik Suprapto. Petugas pemadam kebakaran (damkar) yang datang ke lokasi, kata dia, hanya berhasil menyelamatkan teras depan. ‘’Untungnya tak sampai merembet ke permukiman lain,’’ ucapnya.

Akibat kejadian tersebut, bangunan rumah berikut perabot dan barang-barang berharga di dalamnya ludes. Termasuk peralatan elektronik seperti kulkas, televisi, dan mesin cuci menjadi arang. Motor Suzuki Shogun dan uang Rp 15 juta simpanan korban tak luput dilalap api. ‘’Mungkin hanya barang yang dibawa saja (ke resepsi) yang tersisa,’’ kata Tukiman.

Pantauan Radar Ngawi di lokasi, usai kebakaran terjadi, warga masih berkerumun di sekitar rumah Suprapto. Sebagian tampak mengais barang berharga yang masih terselamatkan. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close