Magetan

Diterjang Banjir, Jembatan Carikan Ditutup Separo

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kerusakan yang terjadi pada jembatan Carikan di Desa Carikan, Kecamatan Bendo, tak kunjung ditangani. Padahal,  pagar jembatan yang menghubungkan antara Desa Soco dan Desa Bendo itu sudah ambrol sejak Desember 2019. Bahkan, saat ini kerusakan jembatan sepanjang 15 meter itu sudah menyentuh bagian oprit.

Sebagai bentuk antisipasi, pihak pemerintah desa (pemdes) setempat menutup separo badan jembatan itu menggunakan bambu dan drum. Dengan begitu, hanya kendaraan roda dua yang dapat melintasi jembatan berusia puluhan tahun tersebut. ‘’Untuk kendaraan roda empat atau lebih, harus memutar sejauh satu kilometer yang ingin menuju Takeran maupun sebaliknya,’’ kata Kades Carikan Suyatno Kamis (5/3).

Hal itu sengaja pihaknya lakukan untuk keselamatan pengguna jalan. Sebab, jika jembatan tersebut terus-menerus dilewati kendaraan roda empat atau lebih akan rawan ambrol. Terlebih oprit jembatan sudah rusak diterjang derasnya Kali Carikan. ‘’Baru kali ini arus airnya sampai merusak jembatan,’’ ungkapnya.

Suyatno mengatakan, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk merehabilitasi jembatan tersebut. Pihaknya sudah mengusulkan perbaikan jembatan itu ke DPUPR. Karena anggaran desa tidak cukup untuk meng-cover perbaikan Jembatan Carikan. ‘’Diperlukan peremajaan konstruksi jembatan. Dengan begitu, banjir tidak mudah merusak jembatan,’’ ujarnya. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button