Ponorogo

Ditawari Gaji Rp 5 Juta, Calon Direktur Menolak

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Manajemen Perusahaan Daerah (PD) Sari Gunung butuh penyegaran manajemen. Sayangnya, kurang diminati profesional. Bahkan, Bupati Ponorogo Ipong Muclissoni telah menawari secara tertutup beberapa sosok yang diyakini berkompeten untuk jadi direktur PD tersebut. ‘’Tidak ada yang tertarik,’’ katanya Senin (2/3).

Bisnis utama PD Sari Gunung adalah bidang pertambangan batu gamping. Mereka juga bergerak di bidang lain yang masih terkait dengan bisnis utama. Kini kondisi perusahaan pelat merah itu  kembang-kempis. Kontribusinya ke  pendapatan asli daerah (PAD) minim. Hanya sekitar belasan hingga puluhan juta rupiah. Neraca keuangannya belum juga membaik. Penyertaan modal dari pemkab tak sebanding dengan PAD yang disetorkan.

Saat ini perusahaan masih dipimpin Suwandi, pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) pemkab setempat. Sehingga, Ipong menilai perlu penyegaran manajemen. Sosok yang bisa menghidupkan kembali PD Sari Gunung sangat dicari. Terutama yang inovatif dan mampu memaksimalkan potensi bisnisnya. ‘’Beberapa teman yang sudah jadi direktur perusahaan sudah saya undang,’’ ungkapnya.

Pemkab menawarkan gaji Rp 5 juta per bulan kepada direktur PD Sari Gunung. Syaratnya, mampu mengerek pendapatan perusahaan. Yakni, Rp 1 miliar pada tahun kedua atau ketiga. ‘’Tapi, begitu saya sodorkan target dan gajinya, tidak ada yang kembali (berminat),’’ ujarnya.

Karena itu, pemkab memilih melihat perkembangan situasi lebih dulu. Tidak grusa-grusu mengambil sikap. Menurut Ipong, saat ini lebih banyak hal lain yang jadi atensinya. ‘’Sesuatu yang manfaatnya pada daerah tidak terlalu besar dan belum jelas, sementara mudaratnya banyak, nanti dulu,’’ katanya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button