Ponorogo

Distribusi Vaksin ke Ponorogo Telat Sepekan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Keterbatasan vaksin mengganjal upaya daerah turun level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pun, di Ponorogo yang tinggal tersisa 19 ribu dosis alokasi Kodim 0802. Dinas kesehatan (dinkes) setempat sama sekali tidak memiliki persediaan vaksin anti-Covid-19. ‘’Distribusi dari pusat terlambat sekitar satu minggu,’’ kata Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo Heni Lestari, Kamis (7/10).

Heni menyebutkan, 19 ribu dosis yang ada sudah didistribusikan ke sejumlah lokasi vaksinasi untuk suntikan pertama. Dia memerinci ada sekitar 70 ribu penerima vaksin dosis pertama yang kini menunggu suntikan kedua. ‘’Kami bisa memahami kebingungan masyarakat menunggu vaksin dosis kedua itu. Kami juga bingung karena tidak ada persediaan vaksin,’’ ungkapnya.

Pihaknya tidak dapat serta-merta mengalihkan jatah vaksin dosis pertama untuk memenuhi kebutuhan suntikan kedua. Namun, ada target capaian vaksinasi yang perlu dikejar lantaran angkanya masih di 37,63 persen. ‘’Vaksinasi lansia juga masih 13 persen,’’ jelas Heni.

Dinkes sebenarnya sudah bersurat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk meminta alokasi vaksin dosis kedua sebanyak 160 ribu dosis. Namun, Jakarta menjawab bahwa persediaan vaksin masih kosong. Upaya mendapatkan alokasi dosis vaksin kini terus dilakukan. ‘’Semoga saja minggu depan sudah ada (dosis vaksin),’’ tuturnya. (mg7/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button