AdvertorialMagetan

Disperkim Magetan Perbaiki 128 RTLH

Upaya Wujudkan Rumah Sehat dan Aman bagi MBR

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Keberadaan rumah tidak layak huni (RTLH) di Magetan terus diperbaiki. Salah satunya lewat program peningkatan kualitas perumahan swadaya Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Langkah tersebut merupakan wujud Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan dalam mewujudkan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Magetan Suprawoto di Balai Desa Bulu, Sukomoro, Rabu lalu (18/12). ‘’Secara bertahap kami akan menuntaskan perbaikan RTLH. Supaya masyarakat dapat menghuni rumah yang layak, sehat, dan aman,’’ kata Suprawoto.

Kabid Perumahan Disperkim Sarjono menyebut, total ada 138 unit RTLH yang diperbaiki. Semua itu tersebar di tujuh desa di tiga kecamatan. Meliputi Magetan, Karangrejo, dan Maospati. Setiap unit mendapatkan bantuan sebesar Rp 17,5 juta. Namun, bukan berupa uang. Melainkan melalui bank penyalur dan diteruskan ke toko bangunan. ‘’Jadi, yang diterima oleh masyarakat penerima bantuan bukan uang tunai, melainkan berwujud bahan bangunan,’’ jelasnya.

Sarjono menambahkan, data penerima bantuan tersebut diambilkan dari data akhir tahun 2018 yang sebelumnya sudah diverifikasi. Selain itu, dalam pelaksanaan program tersebut didampingi tenaga fasilitator lapangan (TFL) yang sudah terlatih. Mereka akan mendampingi untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan dan pelaporan. ‘’Ke depan mudah-mudahan akan semakin banyak RTLH yang bisa dibangun. Sehingga, semua masyarakat Magetan bisa mempunyai rumah yang layak huni,’’ harapnya.

Lilik Sulistiyowati, salah seorang penerima bantuan peningkatan kualitas perumahan swadaya DAK 2019, mengaku senang dan berterima kasih kepada Pemkab Magetan. Sebelum dapat bantuan, rumahnya nyaris roboh dan tidak bisa ditempati. Kini, setelah direhab rumahnya menjadi nyaman dan aman untuk ditinggali. ‘’Alhamdulillah, berkat bantuan dari Pemerintah Magetan saya bersama keluarga bisa tidur nyenyak setiap malam,’’ ucapnya. (ebo/bel/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close