Advertorial

Disperindag Magetan Rehabilitasi 2 Pasar dan Bangun Rumah Kemasan

Selamatkan Perdagangan, Geliatkan Perindustrian

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Keseriusan dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag) menghidupkan pasar tradisional tak perlu diragukan. Terbukti, dengan pembangunan Pasar Baru Magetan (PBM) dan Pasar Maospati.

Kepala Disperindag Magetan Sucipto menegaskan, pasar tradisional menjadi sendi penguat utama perekonomian warga. Karenanya, perlu ditunjang dengan kelayakan bangunan. Di PBM, pembanugnan disertai pemasangan eskalator untuk memudahkan pengunjung berkeliling pasar maupun ke mal pelayanan publik (MPP). ‘’Kami lengkapi fasilitas di dalamnya sekaligus merehabilitasi bangunan luarnya,’’ ujarnya.

Tahun ini disperindag menganggarkan Rp 3,1 miliar untuk rehab bagian selatan dan separo bagian di sisi timur. Penganggaran itu sudah mencakup pemasangan atap dan dinding. Khusus eskalator dianggarkan Rp 1,4 miliar. ‘’Tahun depan pembangunannya difokuskan bagian barat dan separo sisi timur,’’ katanya.

Disperindag juga memoles Pasar Maospati. Penganggarannya hampir batal tersebab refocusing penanganan Covid-19. Rehabilitasi akhirnya terealisasi di masa perubahan anggaran ini. Anggaran Rp 2, 2 miliar dikucurkan untuk memperbaiki kios di bagian depan. ‘’Semula kami anggarkan Rp 6 miliar. Pembangunan tahap I sudah selesai. Tahun depan lanjut rehabilitasi bagian dalam,’’ terangnya.

Disperindag juga mengembangkan industri kecil menengah. Diwujudkan pembangunan rumah kemasan senilai Rp 2,3 miliar. Sentra industri kecil menengah (IKM) di Jalan Tripandita, Magetan, itu bakal dilengkapi peralatan penunjang dari Kementerian Perdagangan tahun depan. ‘’Kami juga bakal menyiapkan tenaga desainer grafis untuk membantu memasarkan produk-produk IKM,’’ tuturnya.

Bupati Magetan Suprawoto mengapresiasi keseriusan disperindag. Utamanya dalam pengembangan pasar tradisional dan industri mikro. Fokus kinerja ini sangat diperlukan seiring tergerusnya pasar tradisional terpinggirkan kemajuan zaman. Pandemi korona juga membuat roda perekonomian masyarakat terpuruk. ‘’Dengan terobosan ini, kami harapkan ekonomi masyarakat bisa pulih kembali,’’ ucapnya. (fat/c1/fin/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button