AdvertorialMadiun

Dispendukcapil Sederhanakan Cetak Dokumen Kependudukan

Jenis Kertas Berbeda tapi Legalitas Sama

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Optimalisasi layanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kabupaten Madiun haram ketinggalan kereta. Dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) membuat dua buah terobosan. Pelayanan online dan kemudahan cetak berbagai jenis dokumen adminduk dengan jenis kertas HVS A4.

Rabu (18/11) program tersebut disosialisasikan ke seluruh camat agar diteruskan ke desa dan masyarakat. Sosialisasi di Desa Ngepeh, Saradan, itu juga dihadiri perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). ‘’Ini menyesuaikan aturan baru,’’ kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Madiun Sugiharto.

Sosialisasi memaparkan dua materi khusus. Yakni, Pendataan dan Penerbitan Dokumen Kependudukan bagi Penduduk Rentan Adminduk serta Kebijakan Penggunaan Kertas Putih dan TTE dalam Penerbitan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pada umumnya, seluruh dokumen kependudukan bisa dicetak menggunakan kertas HVS. Ketentuan itu sesuai Permendagri 109/2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan dalam Administrasi Kependudukan. ‘’Selain e-KTP dan KIA (kartu identitas anak), semua dokumen bisa. Prosesnya bisa juga online,’’ ujarnya.

Sekdakab Madiun Tontro Pahlawanto mengatakan, meski kertasnya berbeda, dokumen itu memiliki kekuatan sama. Artinya, Kabupaten Madiun mampu memberi pelayanan secara cepat dan sederhana. Camat diharapkan bisa menyampaikan perubahan dokumen kependudukan itu. ‘’Ada legalisasi atas penyederhanaan produk yang telah disesuaikan. Masyarakat tidak perlu khawatir,’’ tuturnya kala menghadiri acara sosialisasi adminduk.

Kasubdit Fasilitasi Pendataan Penduduk Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Ahmad Ridwan memuji inovasi adminduk Kabupaten Madiun. Mulai layanan online selama pandemi Covid-19 hingga penyesuaian terhadap peraturan baru. ‘’Pelayanan di Kabupaten Madiun peringkat IV se-Jatim dan sudah melampaui target nasional,’’ ujarnya. (den/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button