Advertorial

Dispendukcapil Percepat Rekam Adminduk, Buka Layanan saat Libur Coblosan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemerintah telah menetapkan Rabu besok (9/12) sebagai hari libur nasional. Karena bertepatan dengan proses pemungutan suara pilkada serentak. Meski begitu, pelayanan perekaman dan pencetakan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) di Dispendukcapil Kota Madiun tetap berjalan seperti biasa.

‘’Pelayanan (tatap muka) tetap dibuka bagi masyarakat yang ingin mengurus adminduk,’’ kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun Poedjo Soeprantio Senin (7/12).

Dengan kebijakan tersebut, pihaknya berharap momen itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya. Misalnya berusia tepat 17 tahun pada 9 Desember bisa langsung melakukan perekaman e-KTP atau untuk mengurus kelengkapan pemberkasan CPNS. Mulai dari legalisir kartu keluarga dan akta kelahiran.

Kendati demikian, Poedjo menyatakan jam pelayanan dibuka terbatas. Mulai dari pukul 08.00–12.00. Sedangkan untuk pelayanan online ditutup. Termasuk di antaranya pelayanan pengantaran dokumen ke rumah warga. ‘’Jadi, pengantaran dokumen kependudukan yang telah tercetak hari ini (kemarin, Red) akan kami antarkan kembali pada Kamis (10/12),’’ terangnya.

Pengecualian bagi pelayanan antar akta kematian. Poedjo menegaskan bahwa layanan itu tetap diberikan kapan pun warga melapor. Sebab, pelayanan ini memang tidak mengenal waktu dan hari (libur). ‘’Lapor kapan pun akan kami proses dan kami antar keesokan harinya,’’ jelas Poedjo. (fit/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button